Bunga Bangkai di Kebun

Beberapa hari yang lalu ibu saya mengirim foto via WA. Saya agak kaget karena yang dikirim adalah foto bunga yang nggak biasa. Kalau saya perhatikan, bentuknya mirip bunga bangkai. Ukurannya agak besar dan bunganya mulai membusuk.

Bunga bangkai tersebut tumbuh di kebun sebelah rumah ibu saya. Kebunnya milik tetangga, hehehe. Kebunnya nggak dirawat secara khusus. Kebun tersebut cukup luas dan malah terkesan dibiarkan. Pemiliknya cuma nyapu jika banyak daun yang jatuh.  Seingat saya, di kebun itu ditanami pohon rambutan, singkong, dan banyak tanaman liar. Makanya sempat bingung ketika saya dikasih lihat foto bunga bangkai tumbuh di kebun tersebut.

Foto dari ibu

Dulu waktu SMP, saya ingat pelajaran tentang bunga bangkai raksasa bernama Rafflesia Arnoldii. Pelajaran ini sangat membekas karena bunga bangkai termasuk tanaman langka dan saat itu fotonya dijadikan cover buku pelajaran IPA, hahaha. Oia, sejak itu saya tahu ada bunga yang mengeluarkan bau busuk. Biasanya bunga bauya harum ya.

Nah, kalau foto yang dikirim oleh ibu saya bukan Rafflesia Arnoldii. Entahlah itu termasuk bunga bangkai suku yang mana. 

Postingan ini dibuat untuk memori aja. Bahwa pernah tumbuh bunga bangkai di dekat rumah ibu saya dan ini termasuk kejadian yang langka, hahaha.

Ada yang pernah lihat bunga bangkai? Apa baunya beneran nggak enak?


14 comments

  1. Rumah ibu mbak Pipit di daerah mana, jadi penasaran soalnya. Kalo daerah Cikande mah pengin lihat juga 😄

    Aku juga ingat, dulu ada pelajaran bunga bangkai, kalo ngga salah adanya di propinsi Bengkulu ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Semarang, Mas. Ah iya, bunga bangkai di Bengkulu ada.

      Delete
    2. Oh Semarang ya, jauh juga dari Cikande. Terus sekarang bunganya masih mekar enggak?

      Delete
    3. Cikande daerah mana, Mas Agus? Kata ibu mekarnya cuma seminggu. Sekarang bunganya sudah mati.

      Delete
    4. Cikande itu masuk kabupaten serang Banten mbak.

      Oh cukup lama juga mekar sampai seminggu, kirain cuma semalam saja kayak Bandung Bondowoso bikin candi Roro Jonggrang.😄

      Delete
    5. Hahaha, Mas Agus bisa aja.😁

      Delete
  2. Waktu kecil juga pernah lihat bunga bangkai di kebun ortu. Mirip dengan gambar. Tapi memang tidak sebesar Rafflesia. Bunga bangkai ini rupanya banyak sukunya ya. Selain tampilannya yang mirip, baunya memang busuk seperti bankai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba, bunga bangkai banyak macamnya. Beneran bau busuk, ya. Saya belum pernah lihat sama sekali.

      Delete
  3. Bunga raflesia arnoldi ini kan biasa dikenal dengan bunga bangkai, kira-kira baunya itu mengganggu banget gak yaa jika ditanam disekitaran rumah?

    ReplyDelete
  4. Dulu pas di bengkulu ada lokasi untuk melihat bunga bangkai. Sayangnya pas itu belum musim mekar. Jadi ga bisa lihat. Tidak hanya satu, tapi ada beberapa lokasi yang untuk melihat bunga tersebut.

    Bener banget, bunga bangkai dan bunga rafflesia sering disamakan. Padahal kedua bunga tersebut berbeda.

    Rumah ibumu daerah mana mbak pipit..?
    Khan katanya mbak pipit asli semarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh, di Bengkulu ada beberapa tempat untuk melihat bunga bangkai ya. Jenisnya apa Mas? Rafflesia kah?

      Iya, pernah baca banyak orang yang penasaran sama bunga bangkai karena waktu mekarnya yang sebentar. Bahkan di luar negeri juga begitu. Saya baca di Twitter orang Indo yang tinggal di Belanda.

      Rumah ibu saya dulu di Semarang bawah lalu pindah ke Ngaliyan.

      Delete
  5. Aku sampe skr penasaran mba Ama bunga bangkai dan raflesia saudaranya itu. Waktu itu ada temen yg nungguin banget bunga bangkai di Kebun raya Bogor mekar. Tapi itupun ya harus cepet. Karena mekarnya cepet banget kaan. Jujur aku mau tau, separah apa sih baunya. Katanya kayak bau bangkai, tapi bangkai yg pernah aku tau, cuma bau bangkai tikus 🤣. Apakah separah itu, atau lebih parah lagi 😅?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama kayak Mba Fanny. Penasaran sama baunya kayak apa. Tapi sayangnya hidung saya nggak sensitif entah bisa nyium bau bangkainya apa enggak. Kalau baunya busuk banget, mungkin saya masih bisa nyium.

      Delete