Bikin Jamu Kunyit Asem

Aduh, kenapa saya males sekali. Padahal udah absen ngeblog selama 2 bulan. Baru hari ini saya balas komen dan melakukan kunjungan balik. Kurang lama kali ya absen ngeblognya? Hahaha.

Eh, saya mau cerita tentang jamu nih. Ada yang suka minum jamu? 

*ngacung tinggi*

Saya suka banget minum jamu. Jamu favorit saya tentu saja kunyit asem dan beras kencur. Soalnya kedua jamu tersebut rasanya nggak pahit, hahaha.

Udah 6 bulanan saya rutin bikin jamu kunyit asem sendiri. Kebiasaan rutin bikin jamu kunyit asem ini sebenernya kayak pelampiasan gitu. Karena selama tinggal di Jakarta dan Depok, saya belum nemu jamu yang cocok.

Saya punya beberapa tanaman empon-empon di taman, salah satunya kunyit. Selama ini saya dan tetangga sering mengambil daun kunyitnya aja untuk campuran memasak.

Sebenernya beberapa bulan lalu pak suami udah bilang kalau pohon kunyit di taman tanahnya udah mumbul atau naik. Itu tandanya kunyit di dalam tanah udah banyak dan siap dipanen. Tapi saya cuek aja. Pohon kunyit dibiarin aja, nggak diapa-apain.

Nah, hari Minggu kemarin pak suami panen kunyit dari taman. Ketika dibawa ke dapur, saya kaget karena kunyitnya banyak banget. Padahal pohonnya nggak banyak lho. Mayanlah saya bisa ngirit nggak beli kunyit. Meskipun harga kunyit murah tapi kalau panen sendiri tu rasanya beda. Kenapa ya? 


Kunyit hasil panen dan step by step bikin jamu kunyit asem


Oia, dulu pas di Semarang saya punya tukang jamu langganan di Pasar Ngaliyan. Beliau satu-satunya tukang jamu di pasar tersebut. Bukanya jam 7 pagi. Kadang jam 10 jamunya udah habis.

Kalau lagi pulang kampung ke Semarang, saya suka beli jamu di situ. Apalagi kalau balik ke Jakarta, saya pasti mampir beli jamu kunyit asem buat minum di mobil.

Jamunya kentel, empon-emponnya kerasa banget. Kalau jamu kunyit asemnya komposisi kunyit dan asemnya pas, jadi warna oranyenya cantik. Rasanya juga nggak terlalu asem.

Karena kualitas jamunya bener-bener dijaga, nggak heran pelanggannya banyak banget. Jam 10 aja jamu kunyit asem dan beras kencur udah habis. Padahal stoknya banyak lho. Saya pernah kecele beli di jam segitu. Pikir saya, masih pagi pasti jamunya masih banyak. Ternyata saat itu saya belum beruntung, hahaha.

Sejak pindah ke Jakarta dan Depok, saya belum nemu jamu yang seenak di Pasar Ngaliyan. Jamu di Jakarta banyak yang encer. Rasanya juga kurang cocok di lidah saya. Kalau mau jamu yang kentel biasanya pesan khusus. Tentu saja harganya beda. 

Nah, karena saya pengen banget minum jamu kunyit asem, jadi saya bikin sendiri. Niatnya sih emang mau rutin minum jamu kunyit asem seminggu sekali. Alhamdulillah, sampai sekarang saya masih rajin bikin jamu kunyit asem sendiri.

Setelah tanya ke Google ternyata manfaat minum jamu kunyit asem banyak ya. Salah satunya bisa untuk anti aging, lho.

Saat ini saya kan masih menyusui. Beberapa jam setelah minum jamu kunyit asem, ASI saya penuh banget dan kentel. Buat ibu menyusui, coba deh rajin minum jamu ini. Siapa tahu ASI-nya makin lancar.

Dulu awal-awal bikin jamu kunyit asem, saya pakai gula jawa biasa. Kalau kurang manis, ditambah gula pasir. Jamunya juga kadang nggak begitu kentel tapi nggak encer banget kayak orang jualan. Makin lama akhirnya saya bisa menemukan komposisi yang pas. Jamunya kental dan rasanya cocok di lidah. Bener, practice makes perfect.

Sekarang kalau bikin jamu saya pakai gula aren. Nggak ditambah gula pasir lagi. Menurut saya, jamu gula aren rasanya lebih enak dibanding pakai gula jawa biasa. Ya iyalah, gula aren kan gula asli dari nira pohon aren dan nggak ada campuran. Jadi manisnya beda.

Enaknya bebikinan sendiri tu kita bisa nyobain hasil prakarya dalam keadaan fresh. Minum jamu yang anget baru dibikin itu ya rasanya segerrr banget.

Tiap minggu pagi saya bikin jamu kunyit asem. Jadi habis sarapan minumnya jamu kunyit asem anget. Nah, biasanya ada sisa jamu kan. Sisanya saya masukin kulkas terus diminum pas siang atau sore. Beuh, segernyaaaa. Enak banget minum es kunyit. Apalagi jamu bikinan sendiri.

Saya bagikan resep jamu kunyit asem ya. Siapa tahu ada yang mau bikin. Btw lihat di YouTube juga banyak kok tutorial bikin jamu.

Resep jamu kunyit asem ala saya:

Bahan:

Kunyit 200gr

Gula aren 125gr (boleh diiris atau enggak)

Asem 30gr (saya biasanya beli di pasar yang sebungkus harganya seribu)

Air 750ml

Garam secukupnya


Cara membuat:

1. Cuci kunyit hingga bersih lalu potong kecil-kecil.

2. Rebus kunyit sampai mendidih.

3. Blender kunyit dengan sedikit air rebusan.

4. Saring kunyit dengan air secara bertahap sampai air habis.

5. Masukkan air saringan kunyit, gula aren, asem dan garam ke dalam panci. Rebus sampai mendidih sambil sesekali diaduk.

6. Saring jamu kunyit asem. Kalau saya biasanya disaring 2x.

7. Jamu kunyit asem siap diminum

Sekian cerita saya tentang jamu kunyit asem. Semoga bermanfaat ya sharing resepnya.😉 

Btw kamu suka minum jamu nggak sih? 

No comments