Update Blog

Akhirnya bisa ngeblog lagi. Kangen banget cerita di sini.🤗

Bulan kemarin rencananya saya mau ngeblog tapi nggak sempat. Pengennya tiap bulan minimal ada satu postingan biar nggak banyak yang bolong. Tapi apa daya, saya nggak bisa karena benar-benar sibuk.

Ini sibuk atau sok sibuk?

Padahal di luar sana bloger yang juga ibu rumah tangga masih rajin update. Tapi kenapa saya nggak bisa kayak mereka, ya?🙈

Bulan Juli kemarin saya memutuskan nggak pakai asisten rumah tangga. Sebenernya keputusan ini udah lama tapi baru dieksekusi bulan lalu. Tuhan selalu memberi kejutan dengan cara-Nya sendiri. Awalnya saya sempat ragu apakah bisa survive tanpa asisten. Mengingat masih ada 2 bocil yang masih butuh perhatian ekstra. Apa saya nggak repot dan capek banget?

Seminggu pertama tanpa si mbak masih aman sentosa karena pak suami kebetulan work from home (WFH). Setelah itu saya belajar ritme baru mengurus rumah tanpa asisten. Ketika udah terbiasa dengan ritme baru, si sulung masuk sekolah. Mau nggak mau, ritme yang udah berjalan berubah lagi. 

Biasanya saya bangun jam 3 pagi. Setelah tahajud, saya langsung ke dapur bikin sarapan dan bekal pak suami. Kesibukan bertambah karena saya harus nyiapin bekal anak sekolah. Tiap pagi rasanya tangan kayak dewa. Melakukan ini itu dalam waktu bersamaan. Untungnya ada pak suami yang siap sedia membantu dan bisa diandalkan.

Setelah itu, nyuruh anak sarapan sambil mulut nggak bisa diem ngingetin si sulung,

'Ayo buruan dimakan. Nanti telat, lho, sekolahnya.'

'Kakaaaak, jangan lama-lama makannya. Ini udah jam berapa?'

Biasalah nyanyian khas ibu-ibu di pagi hari, hahaha. Makanya kalau pagi dengar ibu tetangga 'nyanyi' saya maklum banget.

Dalam hati, 

Oh, ternyata saya ada temennya, nggak sendirian. Hahahaa, nyari temen seperjuangan.😂

Yakinlah, bahwa ini adalah salah satu bentuk cinta seorang ibu kepada anaknya.✌

Tiap pagi suasana rumah hectic banget. Kondisi rumah juga kayak kapal pecah, hahaha. Belum lagi saya harus antar jemput anak sekolah. Meski sekolahnya terhitung dekat tapi sering macet. Macetnya unpredictable. 

Kalau dipikir waktu 24 jam sehari rasanya kurang buat mengurus rumah. Kadang saya udah bangun pagi dan merencanakan ini itu supaya semua bisa berjalan dengan baik tapi itu semua cuma rencana. Maklum, saya ada anak kecil yang moodnya masih di luar prediksi.

Pernah saya mau ngurus rumah tapi dilarang si sulung dan disuruh nemenin main. Lain hari, saya lagi fokus cuci piring atau masak, eee si bungsu minta nenen. Ya terpaksa saya akhiri semua pekerjaan dan menyusui dulu.

Daripada mengeluh mulu, saya jadikan waktu menyusui untuk rebahan sebentar. Mayanlah saya bisa istirahat. Saking capeknya saya sering tertidur saat menyusui. Biasanya saya yang tidur, si bungsu malah lanjut main sama si sulung.😂

Nggak tahu kenapa kalau udah nempel bantal, bawaan saya langsung pengen tidur. Bau bantal itu enak banget sampai bikin saya terhipnotis buat tidur, hahaha. Beneran deh.

Jujur, saya capek ngurus rumah tanpa asisten. Tapi nggak tahu kenapa ada perasaan hepi dan puas saat satu per satu pekerjaan rumah sudah beres. Saya usahakan tiap pak suami pulang kerja, kondisi rumah rapi dan bersih. Biar pak suami senang tiap pulang.

Pixabay

Yang saya butuhkan saat ini yaitu kantong ajaibnya Doraemon. Saya mau pinjam pintu ke mana saja dan alat untuk mempermudah pekerjaan di rumah. Dengan bantuan Doraemon, saya bisa mengurus rumah dengan cepat lalu bisa pergi pakai pintu ke mana saja. Kata anak jaman now, healing sebentar.

Hahaha, halu.😆

Realitanya healing saya yaitu workout. Kalau dulu saya bisa workout 5 kali seminggu sekarang maksimal 4 kali. Malah pernah seminggu cuma 2 kali.😭

Baca juga: workout yang bikin gobyos

Untuk workout, saya bakal bela-belain bener. Misalkan saya nggak ada waktu, biasanya saya workout habis magrib. Kalau nggak workout, mood dan badan bakal kacau karena nggak diajak gerak. Saya bisa gila.

Terus terang, sejak nggak pakai asisten waktu untuk diri sendiri berkurang. Saya nggak main Twitter, Instagram, baca buku dan ngeblog juga jarang. Kalau capek banget, skincare-an malem juga bablas, biasanya langsung ketiduran saat menyusui.

Nggak apa-apa semua itu berkurang asalkan saya bisa workout. Karena workout adalah satu-satunya cara supaya saya tetap waras di rumah.🙂

Meskipun tanpa asisten, kami semua hepi. Saya dan pak suami bisa masak bareng, ngobrolin ini itu di dapur, dari hal-hal receh sampai bahas politik. Obrolan kecil dan kerja sama dengan pasangan nggak terasa membuat pekerjaan agak ringan dan bikin hati jadi hangat. Sayangnya itu cuma sebentar. Begitu pak suami berangkat kantor, saya harus mengurus rumah sat set sat set, bat bet bat bet.

Bagi sebagian orang mungkin menjadi ibu rumah tangga adalah kegiatan yang monoton dan membosankan. Memang sih pekerjaan yang dilakukan tiap hari itu melulu. Kadang ada bosennya tapi lebih banyak senengnya. Tapi percayalah, sejak ada anak tiap hari tidak ada cerita yang sama. Ada aja cerita yang bisa diceritain ke pasangan saat pulang kerja. Seru!

Yang bikin seru, di saat saya mengurus rumah harus kejar-kejaran dengan waktu mengantar atau menjemput si sulung. Atau si bungsu yang nggak mau tidur saat kerjaan lagi banyak. Pernah juga saya telat mengantar sekolah hanya karena kunci kendaraan hilang dimainkan si bungsu. Nyari kunci hampir sejam baru ketemu. Coba kalau ada Doraemon pasti cepet tuh solusinya. Nggak bakal ada drama, hahaha.

Di rumah, saya nggak cuma jadi ibu rumah tangga tapi kadang jadi detektif saat ada barang yang hilang, jadi perawat saat anak dan pak suami sakit, jadi tukang pijat saat ada yang capek, dll. Banyak ya job desc-nya, hahaha.

Makanya saya salut sama ibu rumah tangga yang masih bisa update blog atau media sosial lainnya. Kalau saya nyerah. Saya sampai nolak tawaran job karena takut nggak bisa kejar deadline. Padahal jobnya berhubungan sama properti, lho.

Sekian update kali ini. Ibu-ibu yang di rumah ngalamin apa yang saya alami nggak, sih? Kata mereka yang udah lewat fase ini, dinikmatin aja prosesnya. Suatu saat momen-momen ini bakal dikangenin.

Ahsiap!!🥰

No comments