Menikmati Pagi

Sejak si sulung sekolah bulan lalu, ada banyak hal yang baru saya tahu. Bukan hal besar sih tapi hal-hal kecil yang ada di sekitar apartemen. Ke mana aja saya selama ini?

Saya termasuk orang yang suka bangun pagi, memulai hari dengan santai dan nggak terburu-buru. Kalau bangun siang bawaannya kemrungsung atau terburu-buru, efeknya domino. Sepanjang hari rasanya nggak enak.

Tapi sejak di Qatar nggak tahu kenapa saya bawaannya males bangun pagi. Mungkin karena waktu itu anak belum sekolah kali, ya. Jadi kalau pagi rasanya santai banget dan bengong setelah pak suami berangkat kerja. Ada sekitar 4 bulanan saya males-malesan karena si sulung belum sekolah.

Kalau misal pak suami libur kerja, saya lebih santai lagi. Bangunnya semakin siang. Rekor saya bangun siang jam 8.30. Itu udah siang banget bagi saya. Saya nggak pernah bangun lebih dari jam itu. Kalau bangun terlalu siang, badan pada pegel. Lagian gimana mau bangun siang kalau di jam segitu perut udah berontak minta diisi. Pasukan yang lain juga sama. Lagi enak-enaknya merem eeee pasukan udah berisik nanyain sarapan apa.😂

Makanya waktu si sulung sekolah, saya agak angot-angotan. Bawaannya masih males bangun pagi. Mau nggak mau pelan-pelan saya adaptasi dengan ritme baru.

Tiap pagi saya nyiapin sarapan dan bekal. Setelah beres ngurus bekal dan perlengkapan sekolah, saya dan anak-anak siap berangkat. Biasanya si bungsu saya gendong dan si sulung minta digandeng sepanjang jalan.


Bekal anak sekolah

Sejak hari pertama mengantar sekolah, saya kaget dengan suasana pagi di sekitar apartemen. Ternyata pagi hari di lingkungan tempat tinggal saya suasananya menyenangkan. Biasanya saya mengantar sekolah jam 6.45 atau lebih dikit lah. Di jam-jam segitu lift apartemen sibuk karena banyak orang yang berangkat kerja. Nunggu lift rasanya lama banget.

Saya satu lift dengan berbagai macam orang. Meskipun kami nggak saling kenal tapi senyum dan sapaan mereka saat masuk lift bikin saya hepi. Padahal mereka cuma mengucap,

'Morning'

Ajaib, ya. Cuma senyum dan sapa aja bisa bikin orang lain hepi.

Setelah keluar lift kami melewati area parkir menuju jalan raya. Semua mobil yang keluar apartemen pasti lewat area ini.

Beberapa kali ada mobil yang berhenti dan menawarkan tumpangan ke kami. Mungkin mereka kasihan melihat saya menggendong si bungsu dan kebetulan anak mereka juga satu sekolah dengan si sulung. Tapi tawaran itu saya tolak dengan halus. Nggak enak euy nebeng ke orang yang nggak dikenal. Padahal mereka seneng-seneng aja.

Apartemen saya lokasinya sangat strategis karena dekat dengan stasiun metro, perkantoran milik pemerintah dan swasta, masjid, mal, dan sekolah. Sebagian besar orang yang tinggal di apartemen menyekolahkan anak mereka di sekolah ini. Alasannya karena dekat. Selain pakai mobil, banyak juga orangtua yang mengantar sekolah jalan kaki kayak saya.

Tiap jalan kaki ke sekolah ada banyak hal yang bisa dilihat. Ada bus yang ngetem buat antar jemput karyawan. Ada banyak mobil yang melintas untuk kerja. Ada orang naik scooter untuk mobilitas mereka, dan ada banyak burung di tanah lapang. Seneng aja melihat sekawanan burung terbang.



Kenapa saya baru tahu hal-hal seperti ini di apartemen?

Kayaknya saya terlalu lama ngendon di apartemen, deh. Padahal kalau mau keluar sebentar saja, saya bisa bertemu dengan orang baik di jalan. Saya bisa melihat orang-orang yang berangkat kerja dengan semangat. Saya bisa mencium bau parfum orang di lift. Dan yang pasti, saya bisa menikmati matahari pagi yang panas dan bikin keringetan.😅

Tiap jalan pagi mengantar si sulung sekolah, saya selalu berdoa dalam hati,

'Ya Tuhan, semoga langkahku tiap pagi ke sekolah bisa menurunkan berat badan.'

Hahahaha, berat badan saya masih ideal, kok. Cuma naik 1-2 kg dari 53 ke 54-55. Huhuhuhu, padahal udah olahraga, lho. Tapi tetep aja ngunyah mulu.

Habis keringetan mengantar anak sekolah, saya bisa ambil napas sebentar karena urusan pak suami dan anak sekolah beres. Lalu lanjut urus rumah yang berantakan. Satsetsatset. Batbetbatbet.💪

Sekian postingan saya tentang kesibukan pagi sebagai ibu rumah tangga. Ceritanya biasa banget, cuma menikmati hal-hal kecil yang ada di sekitar saya. Tapi bisa seasyik itu.😊

-Selamat pagi-

4 comments

  1. Hal2 kecil begitu sebenernya memang bisa bikin happy kok mba. Apalagi kalo suasana negara ya sendiri bagus, teratur, untuk jalan kaki enak.. aku juga seneng kalo ketemu vibe yg mirip.

    Ntah kenapa sapaan ramah dari seseorang memang selalu bikin mood membaik. Negara2 yg orangnya ramah begini, aku sukaa banget. Sama kayak di US kemarin, Orang2 yg kami temuin, rajin ngomong morning, thank you Dan senyum. Agak beda Ama Negara2 kayak Jerman, Rusia, Serbia , bulgaria, hahahah... boro2 senyum itu mah. Nyapa aja kagak 🤣. Mulut kayaknya kaku banget buat say hi 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya di Qatar enak buat jalan kaki. Tapi ada hal2 tertentu yang bikin bete misal mobil parkir di trotoar. Orang2 pada seenaknya sendiri. Berhubung di sini puanas jadi kadang nggak kuat jalan kaki meski jarak dekat sekalipun.

      Efek senyum, salam, dan sapa bisa bikin hepi ya, Mba. Mungkin itu sebabnya senyum adalah sedekah yang paling mudah. Hahaha, bener nggak sih ini nulisnya?

      Delete
  2. Ketika ada kerjaan di luar kota, aku setiap pagi sering menyempatkan diri untuk berjalan kaki keliling kampung. Kadang rutenya aku ubah-ubah, tujuannya biar bisa melihat hal-hal baru lebih banyak lagi.

    Dari kegiatan ini aku mulai pelajari pola-pola masyarakat yang dilakukan setiap pagi. Kayak mandi di sungai, gorengan yg dijual bakul gorengan mulai siap jam berapa, dan masih banyak lagi. Tentu saja senyum dan sapa sering aku dapatkan dari warga yang kami temui.

    Kebiasaan ini terus berlanjut ketika berpindah ke tempat baru. Jadi hal semacam ini aku gunakan untuk mempelajari tempat atau daerah yang aku datangi.

    Aku sih ikut seneng ketika mbak pipit ketemu dengan hal-hal kayak gini. Terkadang hal-hal kecil kayak gini bawa kesenangan tersendiri..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaahhh, saya baca cerita Mas Rivai kok ikutan seneng juga. Asik banget bisa tahu kehidupan orang lokal apalagi kalau saling kasih senyum dan sapa.

      Dulu pas kuliah, saya juga kayak Mas Rivai. Sering lewat jalur berbeda biar tahu suasana daerahnya. Saya naik motor dari Semarang bawah ke Tembalang kadang lewat Jalan Pemuda, Akpol, Simpang Lima, Siranda, Dokter Cipto bablas Tanah Putih. Asik banget deh kalau bisa lewat jalan yg beda. Sayangnya kalau ini diterapkan di sini, muternya jauh dan puanasnya itu. Apalagi kalau musim panas. Bener2 keringetan banget meski jarak dekat.

      Menikmati hal2 kecil di sekitar kita memang menyenangkan. Hehehe.

      Delete