Monday, December 21, 2015

Kursus Bahasa Asing di Universitas Indonesia

Awalnya sih iseng dan tanya ke pak suami kalau saya pengen melanjutkan les Bahasa Jepang di Depok. Mengingat saya pernah belajar sedikit Bahasa Jepang di Yokohama dan sayang kalau nggak dilanjutkan. Di luar dugaan, ternyata pak suami memberikan lampu hijau dan saya pun mulai mencari info kursus Bahasa Jepang di Depok. Sempat searching sana-sini dan akhirnya dapat info kursus bahasa asing di Universitas Indonesia.

Dalam hati, nggak salah tuh di UI ada kursus bahasa asing? Bagi orang awam atau yang nggak kuliah di UI, sebagian besar mereka mengira UI cuma untuk kuliah saja. Dan, pemikiran saya saat itu adalah web yang dikelola oleh perguruan tinggi apalagi milik pemerintah, biasanya infonya kurang update. Tapi di sisi lain, ini UI loh, sebuah nama besar yang nggak bisa dipandang sebelah mata. Masak iya UI nggak update? Hahahaha, maklum saya kurang gaul dan bukan anak asli Depok jadi saat menemukan sebuah situs yang mengarahkan ke lembaga milik pemerintah kadang kurang greget saja. Tapi kalau info tersebut memang benar, saya senang banget karena kalau ke UI cuma melewati tiga stasiun. Setelah benar-benar mengecek situsnya dan bertanya ke teman yang bekerja di UI, saya jadi yakin akan kevalidan situs tersebut. 

Ternyata Universitas Indonesia mempunyai wadah untuk belajar bahasa asing bernama Lembaga Bahasa Internasional FIB UI, singkatnya LBI. 

#Apa itu LBI (Lembaga Bahasa Internasional) UI?

Sebuah lembaga di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI yang membuka kursus berbagai bahasa untuk masyarakat umum. Iya, siapa saja boleh belajar di sana. Tempat belajarnya ada di 2 tempat yakni di Salemba dan di Depok. 

#Di mana tempatnya?

Karena rumah saya di Depok, saya cerita LBI yang di Kampus Depok saja ya. LBI ada di Gedung X, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB). Kalau teman-teman naik kereta, aksesnya gampang banget kok. Dari stasiun UI, tinggal nyebrang lampu merah dan jalan lurus kira-kira 10 menit. FIB letaknya setelah FISIP atau setelah gedung Pusat Studi Jepang (PSJ).

#Kursus bahasa apa saja?

Yah, namanya juga lembaga bahasa internasional milik UI pula jadi yang dipelajari macem-macem. Ada Bahasa Inggris, Arab, Belanda, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Komplit banget kan? 

Selain itu, LBI juga ada TOEFL dan program-program lain yang membutuhkan ijazah internasional.

#Kapan waktunya?

Waktu belajar untuk Salemba dan Depok berbeda. Semua ada dan dijelaskan secara komplit di webnya. 

#Pengalaman belajar di LBI

Saya mengambil kelas Jepang di Depok. Saat pertama kali masuk kursus, teman-teman bisa saja ikut placement test. Kalau memang sudah casciscus bisa saja langsung ke kelas sesuai penempatan dan nggak harus mulai dari awal. Sedangkan saya karena memang ingin belajar dari dasar dan belum lancar ya nggak ikut placement test, langsung daftar kelas Jepang 1. 

Untuk daftar ke kelas Jepang ternyata siapa cepat dia dapat karena kelas ini peminatnya banyak. Kalau nggak buru-buru daftar bisa kehabisan jatah karena jumlah siswa per kelas dibatasi maksimal 20 orang. Kalau nggak dapat jatah kursi ya teman-teman ikut term selanjutnya. Meski demikian, kenyataannya di tengah perjalanan banyak juga yang siswa yang nggak ada kabar. Kalau gini, sayang uangnya kan? Padahal yang antre mau ikut kursus juga banyak loh. 

Oiya, aturan belajar di LBI cukup ketat. Jumlah absensi dan tugas juga mempengaruhi penilaian loh jadi nggak asal aja. Kalau saya pribadi, saya senang dengan aturan ini karena ini serasa oase bagi saya yang sehari-harinya IRT di rumah *halah lebay. Menjadi ibu rumah tangga kadang membuat saya agak telat mikir. Lah, gimana nggak, soalnya otak jarang dipakai untuk mikir yang berat. Dan hal-hal yang dihadapi sehari-hari di rumah ya itu-itu saja mulai masakan, cucian, dan gosokan. Tapi sejak ikut les, saya senang karena mendapat teman dan lingkungan baru. Yang pasti, ini bisa menambah kewarasan otak saya, hahahaha.  

Bertemu dengan orang-orang dan lingkungan baru selalu membuat saya senang. Oiya, teman sekelas saya banyak yang bekerja dibanding yang berstatus mahasiswa. Alasan mereka ambil kursus macam-macam. Ada yang pengen bekerja di Jepang, ada yang pengen melanjutkan studi ke Jepang, ada yang bekerja di perusahaan Jepang jadi mereka pengen upgrade Bahasa Jepang untuk komunikasi. Sedangkan alasan saya apa secara di kelas hanya satu yang sebagai IRT, hahahaha. Alasan saya belajar Bahasa Jepang selain untuk mengisi waktu dan menambah kewarasan otak, sudah saya sebutkan di awal tulisan ini. Coba deh scroll ke atas, ya.  

Untuk pengajar atau senseinya, so pasti enak banget. Sensei yang mengajar masih muda banget. Kebanyakan sih alumni UI tapi ada juga yang masih mahasiswa. Perbedaan umur ini juga nggak masalah karena sensei-sensei tersebut sangat humble dan enak banget diajak diskusi jadi suasana kelas nggak kaku. Mau tanya soal Bahasa Jepang, manga, budaya Jepang, hayuk aja. Selain sensei yang masih muda, pernah juga kelas diajar oleh dosen asli yang senior. Wow, meski senior, beliau ngajarnya enak banget karena membuat kelas hidup dan aktif jadi siswanya gampang mudeng. 

Sensei dan Siswa ^-^

Untuk Jepang 1, siswa akan mendapat buku Hiragana-Katakana. Buku ini berisi tata cara menulis Hiragana dan Katakana berikut artinya. Selain itu, siswa mendapat buku Minna no Nihongo, buku wajib ya kalau ini. Buku ini ada 2 yaitu yang berisi full Jepang dan satunya berisi petunjuk atau kosakata dalam Bahasa Inggris. 

Jadi, untuk Jepang1 mendapat 3 buku yaitu Hiragana-Katakana (1 buku) serta Minna no Nihongo versi Jepang dan Inggris. Dengan buku-buku ini dijamin siswa akan mudah belajar Nihongo utamanya untuk percakapan dasar dan menulis Hiragana-Katakana.

Buku Jepng-1

Untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya, ada beberapa aturan yang akan dibagikan kalau teman-teman sudah mulai kursus. Aturan-aturan tersebut berlaku selama kursus dan infonya sangat komplit. Kalau teman-teman masih bingung dengan aturan tersebut, bisa kok tanya ke sensei atau guru yang mengajar. 

Yuk, belajar bahasa asing! Seru loh ^-^



Info LBI

LBI UI Salemba : Jl. Salemba Raya 4 Jakarta 10430
Telp (021) 31930335, 31902112
Fax (021) 3155941, 3156341

LBI UI Depok : Gedung X Lt.1 Kampus FIB UI Depok
Telp. (021) 7864075, 78849082
Fax (021) 78849085

Web : www.lbifib.ui.ac.id

Twitter : @lbi_fibui














47 comments:

  1. Dulu smepet belajar bahasa jepang tp akhirnya meneyrah karena ga sanggup ngapain huruf2 nya hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau ga dipake lupa lagi hahaha. Kudu dibaca terus.

      Delete
  2. Kira2 untuk masalah biaya sesuai gak dengan kantong mahasiswa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai kok, Mom.
      Sekitar 1,1-1,5 jt per tingkat (sekitar 13 mggu).

      Delete
  3. Replies
    1. Tiap kelas bahasa dan tingkatnya beda.
      Udah saya sebutkan di komen sebelumnya ya :)

      Delete
  4. Seru ya kelasnya mba... Saya dulu pernah mau ambil bahasa Jepang di LBI UI ini tapi nggak jadi, soalnya ketemu yang lebih murah... Eh tapi baru dua term kelasnya tutup soalnya peminatnya sedikit, kalah sama bahasa Korea :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Mba. Wah, sayang bgt ya klo kelasnya tutup krn kurang peminatnya.

      Delete
  5. aaa pengen kursus juga nanti kalau udah pulang, sayang aja gitu kalau hilang bahasa Jepangnya, apalagi anakku, ngomongnya udah kayak orang Jepang, maknya malah gak mudeng >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh Mba Dona dilanjutin aja biar ga kalah sama anaknya ^_^

      Delete
  6. Jadi kangen nihon go o benkyou shimasu. Ini yang di Salemba juga bisa kursus serupa? apa cuma di Depok saja?

    ReplyDelete
  7. dulu saya pernah ikut beberapa kursus. Kalau sekarang, mau cari semangat dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ayo Mba Chi ikut kursus lagi.

      Delete
  8. Salemba lumayan deket nih dari rumah. Tapi udah emak2 berangkatnya suka males nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman saya ada juga yg emak-emak kok :)

      Delete
  9. baca postingan ini jadi kangen UI. Saya kuliah sastra Jerman di UI tapi juga pernah belajar di LBI Salemba, ngambil bahasa Spanyol..

    btw, salam kenal mba Pipit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal Mba..
      Wah, hebat ih bisa bhs Jerman dan Spanyol..

      Delete
  10. Perbedaan umur... =))
    Nihongo benkyou ganbatte~ atashi mo ganbaru kara, ryuchou ni naritaindesuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, beda umurnya ga jauh ama diriku lah ya :)
      Arigatou, chan.

      Delete
  11. Good post,Mbak! Ini yang saya cari. Kepengen bisa nerusin les bahasa Arab saya. Thanks yaa...:)

    ReplyDelete
  12. pengen kursus gmna caranya yaa....

    ReplyDelete
  13. Hai, dalam jepang 1 sudah belajar apa saja ya? Saya mau mendaftar jepang 2 namun takut belum bisa mencapai level tsb. Terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah saya akan mengikuti placement test 😆 apakah dalam jepang 1 menghabiskan satu buku minna no nihongo? Hehe mohon bantuannya yaa

      Delete
    2. Sudah saya bikin postingan di sini ya, Mba http://www.pipitwidya.com/2016/04/belajar-bahasa-jepang-dasar-di-lbi-ui.html

      Delete
  14. Makasi info nya mba
    Jadi pengen juga :D

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum ka Pipit Widya 🙌 seneng deh ketemu blog Kaka krn ternyata aku ga sendirian yg cuma IRT tapi masih ingin belajar. Boleh minta nomor WA nya ka? Mau tanya2 ttg LBI Depok, aku niat mau les tp malu juga krn ga hanya IRT 😂

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum ka Pipit Widya 🙌 seneng deh ketemu blog Kaka krn ternyata aku ga sendirian yg cuma IRT tapi masih ingin belajar. Boleh minta nomor WA nya ka? Mau tanya2 ttg LBI Depok, aku niat mau les tp malu juga krn ga hanya IRT 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mba.
      Maaf ya baru on hehehe.
      Silakan tanya via email aja ke pi23tz@gmail.com

      Delete
  17. Itu cara pendaftaran ny langsung datang ke FIB UI apa lewat online ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pertama kali, baiknya datang langsung ke FIB. Siapa tahu Mbak bisa tanya2 dan ikut placement test.

      Delete
  18. Mba mau nanya kalo waktu sampe lulusnya itu kira2 berapa lama ya buat yg kursus bahasa jepangnya? Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Mba mau nanya. Itu kursusnya dapat sertifikat atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tahunya yang kursus Bahasa Jepang aja ya.
      Kalau Bahasa Jepang, dapat sertifikat mulai level 4. Jadi kalau level 1-3, ga dapat.

      Delete
  20. Halo Mba pipit,
    Bagi pengalaman aja ya
    Saya sedang belajar bahasa Inggris di LBI. Buat Saya ini menenangkan ,pengajarnya keren semua lah.
    Mba pipit masih belajarkah di LBI?
    Bantu jawab pertanyaan Wisnu ya.
    Kalau tingkat 1-3 nanti kita hanya dapat report,tingkat 4 baru dapat sertifikat.
    Coba aja dateng ke FIB UI gedung X. Cari info di sana. Petugasnya baik n ramah kok.
    Semangaaatttt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sharingnya, mba Yuki ^-^

      Delete
  21. Mba pipit,, kalau term ke 2 untuk tahun 2017 sudah bisa daftar kapan? Please advise. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, kalau ini saya kurang tahu banyak. Buka web LBI/email LBI aja ^-^

      Delete
  22. Maaf mbak pipit, klo di LBI ada kelas private ngga yah? Mohon bantuannya mbak, arigatou gozaimasu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com