Pindah Rumah

Sudah 16 hari saya tinggal di rumah baru. Yup, saya pindah dari rumah yang lama dengan berbagai alasan. Salah satunya ingin suasana baru yang semula tinggal di kampung sekarang di komplek. Pindah rumah ini sudah saya rencanakan sejak bulan puasa lalu. Segala sesuatunya sudah kami rencanakan mulai sebelum pindahan sampai setelahnya. 

Banyak banget ya cerita pindahan dari renovasi rumah, packing, dan pindahan tanpa saudara sama sekali. Hahahahaha gegara ini tetangga baru sampai nanya ke saya lho apa saya nggak ada saudara di Jakarta. Lah, memang saya dan suami nggak ada saudara. Hanya ada satu sepupu yang tinggal di Bekasi. Itu pun dia ada acara sehingga nggak bisa membantu pindahan. Hahahaha sudah biasa apa-apa dilakukan berdua antara saya dan pak suami, jadi dinikmati saja. Oh ya karena pindah rumah pula, jadwal ngeblog dan blogwalking jadi nggak karuan. Maaf ya teman-teman. 

Ngomongin pindah rumah, pasti yang ada cerita capek, capek, dan capek ya. Hahaha memang bener sih capek banget. Sampai sekarang rumah masih agak berantakan. Belum rapi banget karena masih ada beberapa hal yang perlu dicicil. 

Kalau pindahan pakai jasa pindah rumah enak banget, tuh. Tuan rumah tinggal leyeh-leyeh dan nunjuk sana-sini maka dalam sekejap rumah sudah rapi. Berhubung keuangan mepet banget jadi pindahan ini semua dilakukan sendiri. Secara saya pindahnya nggak jauh-jauh banget dari rumah lama jadi agak santai. Meski demikian tetep loh kami kudu merencanakan pindahan dengan baik supaya pindahannya lancar.

Apa saja sih yang dilakukan sebelum dan sesudah pindahan?

*Sebelum pindahan

1. Packing

Packing ini kadang butuh keahlian khusus biar barang-barang bisa tertata dengan baik dan muat masuk ke dalam koper atau kardus. Tapi kalau waktunya sudah mepet biasanya ya asal masuk aja, hahahaha. Hal-hal yang diperhatikan saat packing:

- Packing sebaiknya dilakukan paling mepet seminggu sebelum pindahan.
- Tata barang dan pakaian mulai dari yang jarang dipakai.
- Masukkan ke dalam kardus atau koper.
- Jangan lupa memberi nama pada kardus, misal kadus baju, peralatan dapur, buku, dll.
- Buang/tinggal barang-barang yang sudah tidak diperlukan.

2. Transportasi

Mencari transportasi selain untuk memindahkan barang perhatikan juga transportasi untuk mobile tuan rumah. Berhubung saya pindahannya dekat, saya dan pak suami pesan truk ke pemilik toko bahan bangunan langganan agak mepet. Kalau pesan truk, perhatikan kira-kira truk tersebut mau berapa kali bolak-balik mengangkut barang. Hal ini mempengaruhi harga sewa truk tersebut. 

Sedangkan transportasi untuk tuan rumah, saya dan pak suami tinggal naik motor. Hal ini berbeda kalau pindahannya jarak jauh bisa antar kota atau antar provinsi. Nah, kalau pindahan jarak jauh transportasi perlu diperhatikan secara detail. 

3. Pamit

Sebelum pindah sebaiknya pamit ke Pak RT dan tetangga terdekat. Pamitan ke Pak RT perlu untuk memberi tahu soal keberadaan kita karena pasti berdampak pada data RT misal untuk pilkada, sensus penduduk, iuran RT, dll. 

Berhubung kami pindahnya sore sampai malam, yang pamitan sementara yaitu pak suami. Sedangkan esoknya baru kami berdua keliling ke tetangga untuk pamitan satu per satu. 

*Setelah pindahan

Setelah di tempat baru, mau nggak mau ya harus menata barang. Nggak usah dilakukan sekaligus karena malah bikin capek. Sebaiknya dicicil sesuai peruntukannya. Kalau kardus sudah diberi label maka hal ini akan memudahkan kita dalam mencari barang yang dibutuhkan. 

Saya mulai menata baju yang sering dipakai misal baju sehari-hari di rumah atau untuk ke kantor. Lalu menata peralatan dapur karena kita kan butuh makan. Kalau jajan terus ya boros kan? Peralatan dapur ini saya tata ketika dibutuhkan jadi kalau butuh tinggal mencari kardusnya, mencuci barang lalu taruh di tempatnya. Dengan cara seperti ini, pasti dapur tertata dengan sendirinya. 

Oiya, setelah pindahan usahakan untuk sesekali ngobrol dengan tetangga. Kalau ada tetangga di luar rumah, natanya bisa dihentikan sebentar untuk ngobrol. Yah, itung-itung silaturahmi awal lah ya. 

*Nengok Rumah Lama

Rumah lama meski sudah nggak ada penghuninya sebaiknya tetap ditengokin. Ini jaraaaang banget saya lakukan karena saya fokus mengurus tempat baru *alesan hahahaha. Pak suami sih yang sering ke rumah lama karena ada beberapa hal yang harus dicek. Maklum ikatan batin pak suami dengan rumah lama sangat kuat karena rumah itu merupakan rumah pertama yang dibangun sendiri. Pak suami juga yang pontang-panting mencari beberapa bahan bangunan. Ah, rumah itu banyak ceritanya bagi kami tapi kan kami nggak boleh terpaku ke masa lalu. Hidup jalan terus, euy. 

Etapi meski sudah ditengokin tapi tetep aja rumah acak adut. Taman yang dulu rapi sekarang pada kering dan nggak terawat sama sekali. Saya jadi kangen sama taman yang rapi dan terawat sepeti dulu.

 
Kangen Kebun Belakang


Pindah rumah memang capek banget tapi lakukan itu pelan-pelan sesuai kemampuan kita dan nggak usah ngoyo. Kalau capek ya berhenti dulu, istirahat sebentar. Kalau memang butuh cuti untuk menata tempat baru sebaiknya ambil cuti. Hal ini selain bisa memaksimalkan menata rumah, cuti juga bisa dipakai untuk istirahat.

28 comments

  1. Yang sering liat sih kalau orang pindah rumah ada bacaan dari kardusnya, awas barang pecah :)
    semoga nyaman dengan rumah baru dan lingkungan sekitarnya mba :)

    ReplyDelete
  2. Semoga berkah Mbak Pipit rumah barunya. Bisa membayangkan itu gimana rasanya pindahan sendiri. Kalo saya dulu malah nyewa mobil biasa. Bukan truk. Hihihi. Pindahnya dari kosan sih. :P

    ReplyDelete
  3. Pastinya ribet.. Makanya sebisa mungkin saya pilih rumah sedari awal yg ngga usah pindah2 lagi...:)

    ReplyDelete
  4. semangat mbak!!! yang namanya pindahan pasti ribet, pas angkut-angkut trus ngerapiin rumah baru juga pasti capek

    ReplyDelete
  5. waaah... selamat yaa mbak. memang capek. tapi seruuuu!

    ReplyDelete
  6. Pindahan rumah itu CAPEK hahaha

    ReplyDelete
  7. pindahan rumah capek dan senang juga pastinya ya

    ReplyDelete
  8. I feel you hahahaaa... Aku juga selalu ngurus semua sendiri. Jangan lupa pijet setelah semua rapi ya

    ReplyDelete
  9. wha pindahan rumah emang seru y mbak hehehe

    ReplyDelete
  10. saya naksir rumah lamanya,ada kebun belakang yang luas hehe..
    kebayang gimana caepknya pindah rumah hehe,bakal g bers2 sampe semingguan kl saya,nyicil beresinnya hehe

    ReplyDelete
  11. Rumah lamanya luas jg yaaa, punyaku sempit hehee

    ReplyDelete
  12. Pipiiiit...
    Selamat pindahan ke rumah baru yaaaah...
    Semoga betah di rumah baru :))

    Kalo pindahan gitu tuh, suka males beberesnya Piiiit...
    Kadang pindah udah berapa bulan, tumpukan dus nya ada yang belumk kebuka malah bhahahaha...
    *malesnya gak ketulungan itu mah...*

    ReplyDelete
  13. kalo pindah rumah males beres-beres ini itu :)

    ReplyDelete
  14. Semoga betah di rumah barunya mba :)

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah ngerasain pindah rumah, Mbak. Dari lahir sampai sekarang di sini aja hehehe semoga nyaman dan betah ya, Mbak, sama rumah barunya :)

    ReplyDelete
  16. Itu rumah lamanya dikontrakinkesaya atuh ... Heheheh....Semoga nyaman dan damai direumah barunya ya Teh...

    ReplyDelete
  17. pasti bakalan kangen terus sama rumah yang dulu

    ReplyDelete
  18. selamat menempati rumah baru ya mbak Pipit semoga betah dan tambah sukses... :)

    ReplyDelete
  19. pindahan rumah emang capek ya mba, aku juga pernah, capek beres2 rumahnya hehe

    ReplyDelete
  20. Pindah rumah malesnya beres-beres

    ReplyDelete
  21. Cieee... yang pindahan langsung diundang 'presentasi' sama tetangga =))

    ReplyDelete
  22. Aduh, kebayang capenya.

    Tapi semangat yah, rumah baruuuuu

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah, ikut seneng. selamat menempati dan menempuh hidup baru :)

    ReplyDelete
  24. Pindahan jika tidak mendadadak, atau dilakukan dengan pelana-pelan tentu lebih enak ya; demikian pula dengan nanatnya di rumah baru.
    Semoga di rumah baru semakin hangat dan bahagia ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  25. bayangin pindah rumah, apalagi berjarak antar kota dalam provinsi. sungguh merepotkan. Untung dulu saat kuliah cuman "boyongan" pakaian doank

    ReplyDelete
  26. wkwkw barang2nya itu gimana mbak , gak repot po ...?

    ReplyDelete
  27. Pindahan itu selalu ada sedih senengnya ya Mbak Pit. Senengnya suasana baru, sedihnya (kalau aku) nata barang-barangnya itu lhooooo.... rasanya pengen nyuruh tuh barang-barang menata dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete