Blogger Curhat Pada Ke Mana?

Akhir-akhir ini kayaknya makin jarang ya blog yang isinya curhat. Blogger curhat pada ke mana? 

Ehm, ada sih yang masih eksis. Beberapa dari mereka banyak juga yang saya baca tapi jarang ninggalin komen, hahaha. 

Makin ke sini saya merasa kok blog yang berisi curhat atau cerita personal makin dikit aja. Emang sih tiap orang punya gaya nulis dan tujuan ngeblog yang berbeda. Tapi kebanyakan berawal dari blog curhat kan ya. 

Sebenernya saya udah lama kepengen banget nulis tentang ini. Tapi rasanya maju-mundur. 

Pas baca postingan Mas Belalang Cerewet tentang Merindukan Blogger Jadul dan Gembul Nita tentang kangen cerita di blog personal, saya jadi kepengen mengeluarkan uneg-uneg juga.

Di postingan Mas Belalang Cerewet, terasa sekali atmosfer ngeblog zaman dulu. Masa di mana ngeblog murni untuk berbagi cerita atau opini. Nggak seperti zaman sekarang yang banyak meliput event. 

Blogger jadul juga banyak yang saling berbalas komentar sehingga di antara mereka terjalin persaudaraan dan keakraban yang tulus. Mereka saling mengenal dan dekat satu sama lain karena blog.

Hal yang hampir sama juga ditulis oleh Gembul Nita. Blogger Nita bukan blogger jadul sih tapi tulisannya menyikapi fenomena blogger yang kadang pamrih kalau komentar. 

Mereka membaca blog kita supaya mendapat kunjungan balik dan komen. Apalagi kalau postingannya berupa lomba yang mensyaratkan ada komen. Duh.

From Pixabay

Memang, saya belum lama ngeblog sih, baru sekitar 4 tahunan. Itu aja semangatnya kembang kempis. Tapi begitu saya masuk komunitas blogger dan blogwalking ke beberapa blog, saya menemukan kebahagiaan. 

Membaca postingan blog yang ceritanya ringan kadang bikin saya tertawa dan sedih. Saya larut dalam cerita yang ditulis secara personal. Masing-masing punya ciri khas yang bikin betah mampir.

Tiap membaca postingan blog yang isinya seputar kehidupan sehari-hari bikin saya merasa dekat dengan si empunya blog. Tiap membaca dan meninggalkan komentar rasanya senang bukan main. 

Kalau bisa kopdar, duh senengnya kayak ketemu artis. Apalagi kalau bisa ketemu blogger kondang. Beneran deh!

Selain soal kopdar, di dunia blogging mau nggak mau pasti pernah blogwalking. Saya suka banget blogwalking ke blog yang isinya curhat. Ada beberapa blog yang selalu saya nantikan postingannya. 

Membaca cerita atau opini mereka membuat pikiran saya terbuka. Saya jadi ngerti kehidupan atau bidang lain yang sebelumnya nggak saya pahami. Saya jadi tahu opini mereka tentang hal yang lagi in di medsos. 

Dengan begini, pemikiran saya juga bertambah. Hal ini membuat saya lebih berhati-hati dalam bersosialisasi di dunia maya ataupun dunia nyata, misalnya. 

Nah, inilah yang selalu saya nantikan tiap blogwalking meski umumnya menjadi silent reader sih, hahahaha. Ada hal baru yang saya dapat. Ada interaksi atau kedekatan setelah membaca cerita di blog. Ada keterikatan antara pemilik blog dan pembaca. Syukur-syukur kalau bisa nambah saudara. Jadi blog isinya nggak cuma liputan event aja. 

Oia, ada beberapa blogger yang sempat main ke rumah saya. Senangnya bukan main ketika ada yang bertamu padahal sebelumnya cuma kenal di dunia maya. 

Kami kenal karena saling komen atau memiliki ketertarikan yang sama akan suatu hal. Dari komen di blog lalu berlanjut ke obrolan whatsapp. 

Duh, ini yang dinamakan berkah ngeblog yang sebenarnya. Bisa berteman dari dunia maya ke nyata. 

Kalau ketemu di dunia nyata, kita bisa melihat dan mendengar cerita langsung si empunya blog. Kalau mau komen postingan blog ya langsung aja, nggak perlu nulis dulu atau nunggu dimoderasi, hahaha. 

Memang sih blogger saat ini bisa dijadikan profesi sebagai influencer di media sosial. Nggak salah kok dengan itu. Tapi tolonglah untuk membuat postingan personal yang ceritanya ringan. Masak nggak kangen ngeblog cerita remeh sih? Hahahaha, piss ya.

Blogger curhat yang biasanya saya nantikan postingannya kini blognya berdebu. Ada juga yang beralih menulis ke tema tertentu. Huhuhu, sedih, deh.

Sekian curhatan kali ini. Maaf ya, saya nggak nyinyir tapi beneran kangen sama cerita-cerita ringan di blog.

Hei, blogger curhat, apa kalian nggak kangen nulis cerita receh di blog lagi? Kangen, tauk.^_^








9 comments

  1. Hai mba Pipit?... kita pernah kah saling sapa?.. belum ya?..hehehe
    Saya juga kangen sama blogger curhat, karena saya trmasuk didalamnya. Walaupun tulisannya kebangetan apa adanya. Tapi ngga pernah masuk komunitas blogger satupun...
    Dan saya ja stuck disini2 aja.. tapi Happy Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mba, kayaknya belum. Makasih ya udah mampir di sini.

      Meski masuk ke beberapa komunitas tapi saya udah jarang update info di sana, jadi kudet banget.

      Yg penting ngeblog happy ya, mba.

      Delete
  2. Mba Pipit.. makasih ya udah mampir balik. gimana mau follow blognya mba Pipit ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mba.

      Hehehe saya emang nggak pasang follow-followan. Kalau saya pakai manual, buka dashbor, masukin alamat blog yang mau diikuti.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Sepemahaman kaka...aku pikir blog aku aja yg inya curhat hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mba Nining. Banyak kok mba teman2 yang ngeblog curhat.🤗

      Terima kasih, ya, Mba, sudah berkunjung di blog saya.😊

      Delete
  5. Blog jadul emang berkesan ka.

    ReplyDelete
  6. Iya nih mbak. Kebanyakan master blogger sekarang tidak menyarankan ngeblog isinya gado2 (curhat). Padahal menurutku blog isi curhat itu menarik dan asyik dibaca walau terkesan remeh.

    ReplyDelete