Mobil dan Garasi

Lama banget nggak nulis tentang Depok. Kangen juga sama kota ini meski macet di mana-mana, hahaha. Bagaimana pun Depok adalah rumah kedua saya. Karena keluarga kecil saya tinggal di kota ini.

Saya tertarik menulis tentang mobil dan garasi karena beberapa hari lalu baca berita di portal online yang menyebutkan bahwa Pemkot Depok akan mengeluarkan Perda tentang hal ini. Inti dari Perda tersebut adalah kalau punya mobil ya harus punya garasi.

Sebegitu pentingkah aturan punya garasi ini sehingga sampai dibuatkan Perda?

Kalau saya sih, YES.

Mobil dan garasi ibarat satu paket. Kalau pengen beli mobil ya harus punya garasi. Masak punya mobil tapi parkirnya di rumah tetangga. Kan nggak lucu, ya.

Tapi fenomena orang perkotaan kayaknya yang penting punya mobil dulu, deh. Garasi gampang. Bisa parkir di mana-mana. Kalau semisal banyak yang bisa beli mobil tapi nggak punya garasi, lama-lama hal ini bisa jadi bom waktu dan tambah ruwet masalahnya.

Pixabay 

Saya jadi ingat waktu pertama kali pengen punya rumah. Waktu itu saya dan pak suami mencari rumah di daerah Depok II. Kalau nggak salah di situ ada perumnas, ya.


Rumahnya sih udah direnovasi. Sayang, jalannya sempit. Ketika pak suami tanya soal garasi mobil, ternyata warga di situ kalau parkir di lapangan. Waktu itu saya kaget banget tahu tentang hal ini. Maklum soalnya newbie jadi perantau jadi masih gumunan, hahaha. 

Tapi jujur nih di dalam hati sedih dan sepertinya hal ini sudah umum terjadi.

Sebetulnya lapangan di komplek termasuk fasum dan fasos yang bisa dinikmati oleh warga komplek. Bisa untuk ngumpul-ngumpul atau untuk bermain. Tujuannya tentu saja supaya anak-anak bisa main di dalam komplek dan nggak perlu jauh-jauh. Kalau gini orangtua bawaannya juga tenang. 

Faktanya ternyata lain dengan tujuan mulia tersebut. Lapangan malah dipakai untuk parkir mobil. Jadi anak-anak nggak bisa main di lapangan. Saya juga nggak tahu apakah lapangan yang terbatas tersebut bisa menampung semua mobil yang ada. Kalau misal nggak muat, apa hal ini nggak bikin warga berantem rebutan parkir?

Makanya, paksu kurang sreg mau beli rumah di situ mengingat nggak ada garasi. Yah, waktu itu sih saya dan paksu belum punya mobil. Tapi yang namanya beli rumah kan harus mikir untuk ditempati dalam jangka panjang. Sebagai pembeli, kita kudu mikir hal-hal seperti ini. 

Baca juga: hal-hal yang diperhatikan sebelum membeli rumah

Kayak kasusnya budhe saya. Beliau tinggal di perumnas daerah Tlogosari, Semarang. Gang rumahnya sempit, kalau buat parkir motor kanan kiri aja udah makan jalan. Kalau saya ke rumah budhe dan bawa mobil pasti parkirnya di lapangan terdekat. Kadang deg-degan sih takut nggak dapat parkir karena tempatnya penuh.

Kalau sore lapangan tersebut dipakai main bola. Cuma kadang saya mikir, kalau misal bolanya kena mobil, ini salah siapa? Salah yang parkir atau yang bermain bola? Hehehe. Dilema banget kan kalau mengalami hal ini.

Jadi, keinginan manusia itu kan banyak. Kalau dituruti semua nggak ada habisnya. Nggak salah sih kalau udah punya rumah terus pengen punya mobil juga. Tapi sebaiknya dipikirin lagi parkirnya. Jangan sampai keinginan kita mengganggu orang lain.

Hayo, yang pada punya mobil udah punya garasi apa belum?

4 comments

  1. Uda baca dari sejak dipublish, bru sempat njejak mb pit hihi

    Sama mb, kupun klo fasilitas umum dipakai kpentingan pribadi rasanya uda berbuat dolim, klo di ilmu fikih jatuhnya tar kitanya dosya huhu

    Nah yg paling bikin piye ngunu loh, ada 1 tetangga mobil byk tp bikin garasi dewe di fasilitas umum td huaaaaaaaas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih ya Nit udah baca pas baru publish.

      Iya, rasanya gimana gitu ya karena kan kasihan warga yang lain.

      Duh, tetangganya bikin mangkel ya, hehehe.

      Delete
  2. Aku Tinggal diprumnas depok satu. Arah yang ke jalan Arief rahman hakim.😄😄

    Masalah garasi masih dalam kajian menurutku. Karena apa yaa,Justru yang harus di kaji itu lahan parkir di pertokoan yang minim.

    Ditambah lagi parkir sembarangan yang banyak terjadi didepok terutama pinggir jalan yang sempit. Sebenarnya itu dulu yang harus diurus baru yang nggak punya garasi mobil didendakan.

    Tapi nggak 20 juta juga keleess!!..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, tinggal di Depok to?

      Masalah parkir emang kompleks sih ya. Dari dulu dan di mana2 hampir sama. Kayaknya telat ngurusinnya karena keburu kendaraan (motor/mobil) banyak. Sedangkan lahan parkir udah nggak muat. Jadi macet di mana2.

      Oh, dendanya udah ditentukan 20juta ya? Wah, mahal bener. Perdanya kayaknya perlu dikaji lagi karena masih banyak yg belum punya garasi dan yang parkir sembarangan. Dan dendanya emang muahal banget.

      Delete