Panen dari Taman

Sejak rencana taman mau direnovasi, sebenarnya yang saya takutkan yaitu kami nggak bisa panen lagi dari taman.

Pikir saya, taman bakal disemen semua jadi nggak ada tanah yang bisa dipakai untuk menanam. Untungnya kekhawatiran saya nggak terjadi. Pak suami masih menyisakan ruang untuk menanam. Meski sekarang di taman lebih banyak tanaman hias tapi masih ada beberapa tanaman yang bisa dipanen.

Salah satunya yaitu pohon jambu biji. Pohon ini hasil dari mencangkok pohon jambu biji yang sudah berbuah milik tetangga. 


Pohon jambu biji di taman


Ada tetangga yang menawari cangkok pohon jambu. Berhubung pak suami suka tanaman, di-iya-in aja tawaran itu.

Pohon hasil cangkokan ditaruh di tempat yang agak adem kurang lebih seminggu. Pohon disiram dan dikasih pupuk secara rutin.

Karena pohonnya ditaruh di taman dalam rumah, jadi kalau saya masak kelihatan. Saya lihatin pohonnya kok cuma batang, kayak nggak ada tanda-tanda kehidupan. Saya kira pohonnya mati dan rasanya pengen saya buang. 

Tapi kata pak suami pohonnya hidup karena ada daun yang tumbuh. Saya dilihatin bakal daun yang kecil-kecil. Ya maap, saya kan nggak ngerti soal tanaman, hahaha.

Setelah seminggu di tempat yang adem, pohon siap dipindah ke taman. 

Makin lama pohonnya tumbuh besar dan daunnya bertambah banyak. Lalu, pak suami mulai gelisah kok pohonnya belum berbuah.

Karena pak suami penasaran, dia belajar di YouTube University tentang cara supaya pohon jambu biji cepat berbuah.😂

Hasil belajar dari YouTube University yaitu bagian batang bagian bawah disayat melingkar. Lalu dibersihkan. Setelah itu, daunnya sering dipangkas. Jadi nutrisi dari tanah akan cepat diubah menjadi buah.

Setelah dipraktikkan, beneran lho pohonnya cepat berbuah. Kurang lebih setahun, kami sudah bisa panen. Yeay. Alhamdulillah, panennya lumayan banyak jadi kami bisa berbagi dengan tetangga.


Panen jambu beberapa kali

Saat ini, pohon jambu udah berbunga lagi. Bunganya lumayan banyak. Seneng ya kalau bisa makan hasil panen sendiri. Rasanya beda dibanding kalau kita beli meski harga buah jambu murah.😁

Kalau gini, saya jadi kangen panen cabe dan tomat. Dulu kami menanam di tanah tapi kayaknya kali ini mau menanam di pot aja biar tamannya nggak berantakan.

Bentar. Bilang dulu ke pak suami, dia mau nggak ngurus tanaman cabe dan tomat lagi.😂

Btw kamu pernah panen dari taman juga nggak?

No comments