Jualan di Facebook Marketplace

Belum lama ini saya jualan di Facebook marketplace.

Jujur aja, saya agak bingung main fitur Facebook karena udah lama nggak buka media sosial tersebut. Lebih katroknya lagi saya baru tahu kalau Facebook punya marketplace. Hahaha.

Saya lagi beberes rumah dan ada beberapa barang yang saya jual diantaranya mixer heavy duty dan oven. Kondisi barang tersebut masih bagus karena pemakaian hanya sesekali. Toh, belinya juga pas pandemi. Malah yang oven belinya setelah lebaran kemarin.

Berhubung jarang buka FB, saya menyuruh pak suami buat jualan. Soalnya akhir-akhir ini dia pakai FB marketplace buat jualan atau beli barang. Jadi dia udah familiar sama fitur tersebut.

Setelah pak suami jual mixer dan oven malah urusannya ribet.

Berhubung barang yang dijual milik saya, yang kasih harga juga saya, jadi kalau ada calon pembeli yang nanya-nanya, pak suami nanya balik ke saya.

Daripada ribet akhirnya pak suami menyuruh saya jualan sendiri di Facebook marketplace.

Setelah sekian lama akhirnya saya buka web Facebook lagi. Agak bingung juga sih sama fiturnya. Marketplace-nya di sebelah mana, ya. Tanya-tanya pak suami, saya disuruh pakai app Facebook Lite. Kata dia, pakai app jadi lebih mudah karena fitur marketplace kelihatan. Dengan memakai app Facebook Lite, sebagai penjual kita bisa memberikan respon yang cepat kepada pembeli.

Ya udahlah ya, saya sat set install app Facebook Lite. Lalu mulai posting barang yang dijual. Nggak berapa lama, saya dapat respon dari pembeli. Agak kaget juga sih. Kok cepet banget ya responnya.


Barang yang saya jual di FB marketplace

Ada satu..dua..tiga..lama-lama banyak juga yang nanyain barang yang saya jual. Dari calon pembeli tersebut, ada yang bener-bener serius nanya dan nawar tapi ada juga yang kelewatan bener nawarnya. Beli peralatan elektronik kok nawarnya kayak beli cabe di pasar. Hahaha.

Kalau menghadapi pembeli yang seperti ini, saya harus tegas tapi tetap sopan. Jadi mereka nggak bakal nanya lagi.

Selang beberapa hari, barang dagangan saya laku. Duh, senengnya. Pembelinya satu orang. Awalnya beliau cuma pengen beli mixernya aja. Setelah lihat oven, malah jadi tertarik. 

Eits, tapi proses jual belinya nggak langsung deal, ya. Pembeli cek kondisi barangnya dulu baru dia bayar. Jadi beliau datang ke rumah saya untuk melakukan transaksi jual beli kayak di toko. Melihat barang yang dijual, kalau cocok langsung bayar.

Berhubung pembeli saya ternyata ibu-ibu yang pakai akun suaminya, setelah cek barang beliau masih nawar, lho. Ya ampun nawarnya terus-terusan dan nggak menyerah.😂

Setelah terjadi kesepakatan harga antara saya dan si ibu, beliau transfer dan proses jual beli selesai.

Dari pengalaman menjual barang di Facebook marketplace, saya bisa mengambil beberapa kesimpulan:

1. Ternyata Facebook nggak cuma berisi status orang pamer atau hoax aja ya. Sebagai user, kita bisa berbisnis di sini, euy.

2. Jualan di Facebook marketplace mudah, nggak ribet, dan cepat. Tinggal upload foto, kasih keterangan lalu publish.

Berhubung saya belum pernah jualan di ecommerce jadi nggak bisa bikin perbandingan lebih enak jualan di ecommerce atau di FB marketplace.

3. Adanya setting 'no shipping' memudahkan penjual dalam pengemasan dan pengiriman. Urusan pengiriman barang menjadi tanggung jawab pembeli. Ada yang udah siap bawa kendaraan untuk mengangkut barang. Tapi ada juga yang pakai jasa pengiriman barang online seperti Gosend, Maxim, Delivery, Lalamove, dll.

4. Hati-hati dengan pembeli yang minta nomer pribadi. Biasanya pembeli menanyakan nomer Whatsapp. Katanya sih biar enak komunikasinya.

Jujur aja, saya pilih-pilih pembeli yang minta nomer WA. Saya punya aturan yaitu kalau pembeli udah deal dengan harganya, baru saya kasih nomer kontak pribadi. Jaman sekarang ngeri euy kasih nomer pribadi ke sembarang orang.

5. Pembayaran cepat karena pembeli bisa transfer, COD, atau cash. Di kasus saya, pembeli melakukan transfer setelah melihat kondisi barang.

6. Sebagai penjual, kita harus jujur dengan kondisi barang yang kita jual. Biasanya pembeli akan menanyakan minus barangnya apa kok sampai dijual. Saran saya, ceritakan kondisi barang apa adanya dan alasan kita menjual barang tersebut.

Ini ada hubungannya dengan emosi pembeli yang akan mempengaruhi harga barang. Misal, kita jual barang karena lagi declutter. Biasanya kondisi barang yang declutter masih bagus sebab tujuannya ingin mengurangi barang di rumah.

Hal ini beda kalau kita menjual barang karena butuh uang atau karena barang tersebut udah lama dipakai yang bisa jadi ada minusnya. Nah, kondisi ini akan mempengaruhi pembeli dalam menentukan harga atau menawar.

***

Itu tadi pengalaman saya menjual barang di Facebook marketplace. Seru sih karena saya bisa berkomunikasi dengan berbagai tipe orang. Setelah barang terjual hal ini nggak membuat saya untuk sering buka Facebook, lho. Jadi, saya tetep jarang buka FB.

Kalau kamu pernah jualan di Facebook marketplace juga nggak? Cerita dong.^^

10 comments

  1. Mbak Pipit, kalo aku udah lama banget gak nge-FB. Kayaknya udah old school gitu. Dan skr pindah ke IG. Wah ternyata ada marketplacenya juga ya? Baru tau juga aku skr :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Imelda. Saya tahu FB market place krn mau jual barang. hehehe

      Delete
  2. saya malah baru tau facebook marketplace, biasanya beli di toko ijo atau oren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, maafkeun Mas Resky udah berkunjung bolak-balik tapi nggak ada postingan baru. Lagi mager, Mas.

      Sama nih, saya juga belanjanya di toko tersebut.

      Delete
  3. Oh ternyata FB punya marketplace ya, saya baru tahu soalnya sudah lama tidak buka FB.

    Tipe pembeli memang macam-macam, ada yang nawar sewajarnya, ada juga yang sadis.😂

    Tetap semangat jualan mbak Pipit.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daerah saya masih banyak yang menggunakan marketplace di fb, cuman sayanya yang kurang familiar

      Delete
    2. @Mas Agus: Iya, Mas. Banyak juga yg baru tahu. Tetangga saya juga.

      Kalau menghadapi pembeli, jujur aja saya seneng karena seru. Sempat mikir, saya balas apa ya supaya nggak menyakiti atau salah paham.

      @Mas Rezky: Nah, iya. Banyak yg pakai FB market place buat jualan tapi banyak juga yg belum familiar. Sebenernya lumayan simpel. Responnya juga cepet banget.

      Delete
    3. Menghadapi pembeli memang seru dan harus sabar. Tapi juga harus sedikit tegas sih.

      Ada orang jualan iPhone 13, lalu datang bocil chat tanya harga

      "Kak, iPhone ini harganya berapa?"
      "Lha, kan itu ada harganya."
      "Tapi, tapi aku tidak punya uang 12 juta, adanya hanya 500 ribu. Aku pengin iPhone banget. Please kak.😭😭😭"

      Itu ngadepi nya gimana ya mbak.😂

      Delete
    4. Wah, ngadepin pembeli bocil harus ekstra sabar nih.

      "Maaf ya, Dek. Uangnya masih kurang. Nabung dulu aja, ya."

      Btw bocilnya udah tau Iphone ya. Bocil zaman now. Hehehe.

      Delete