Baking dan Makan Siang Bersama

Akhirnya Jumat kemarin saya ngebaking lagi. Yeay!

Ini kali pertama saya baking di tempat baru. Tiap si sulung minta dibikinin kue saya bingung karena alat-alat baking belum lengkap. Kayaknya dia kangen camilan yang dibikin ibunya. Hihihi.

Demi anak, demi kangen baking, dan demi snack sekolah nanti, akhirnya saya beli peralatan baking satu per satu.

Cari per-baking-an di sini agak menantang. Peralatan dan bahan yang digunakan seperti di Indonesia, beberapa ada yang susah dicari. Saya masih belum nemu cetakan serbaguna untuk bikin kue lumpur dan martabak mini. Di sini adanya cetakan  4 lubang untuk pancake. Sayangnya lubangnya terlalu tipis jadi untuk kue lumpur bentuknya kurang bagus. Moga-moga aja cetakannya cepet ketemu.

Kalau untuk bahan baking, yang agak susah tu tepung. Mungkin saya masih newbie jadi belum terbiasa kali, ya. Tepung di Qatar kebanyakan tepung all purpose. Saya harus baca tepung ini cocok untuk bikin apa. Btw tepung di sini juga ada nomernya. Nggak tahu deh nomer itu gunanya untuk apa.

Kalau di Indonesia tepung baking kan ada tiga; tepung protein rendah, sedang, dan protein tinggi. Peruntukannya juga berbeda. Tepung protein rendah (Kunci Biru) untuk kue kering macam nastar dan kastangel. Tepung protein sedang (Segitiga Biru) biasanya cocok dibikin bolu-boluan atau cake. Sedangkan tepung protein tinggi (Cakra) untuk bikin adonan donat, pizza, dan pastrie.

Di sini saya baking trial and error nyobain tepung. Belanjanya lama karena bacain tepung satu per satu, hehehe. Ceritanya saya mau bikin donat. Saya nemu tepung sourdough tapi takut donatnya nggak jadi. Akhirnya saya nyobain tepung all purpose yang bisa untuk bread, pastrie, dll. Tepungnya kayak gini:


Tepung yang saya pakai untuk bikin donat

Saya bikin donat kentang pakai resepnya Fatmah Bahalwan NCC. Temen-temen bisa cari sendiri resepnya di Google dan YouTube, ya. Banyak resep bertebaran di sana. Saya males nulis ulang di sini, hahaha.

Sejak punya anak, saya belajar baking otodidak karena niatnya pengen menyediakan camilan home made. Modalnya belajar baking di YouTube University sampai bener-bener paham, hahaha. Dulu saya nggak bisa baking karena sempat menghindari gorengan dan makanan dari tepung-tepungan. Makanya awal-awal ngebaking banyak yang gagal. Lama-lama saya bisa bikin beberapa camilan dan sampai sekarang masih terus belajar. Level baking saya tu simple; asal pak suami dan anak-anak doyan, saya udah seneng. Hehehe.

Baking ternyata enak juga, ya. Menikmati step by step mulai dari menyiapkan bahan, menimbang tepung, gula, butter, dan memecah telur. Dilanjut memasukkan bahan sesuai resep supaya nggak gagal. Terus menikmati proses mencampur adonan dari mentah sampai menjadi adonan yang kental berjejak atau siap proofing, mencetak, rounding adonan, dan melubangi adonan donat. Lalu mencium bau harum adonan saat dicampur jadi satu apalagi pas dioven. Beuuuhh, wangiiii banget. Saya ngebaking berasa healing di dapur, hahaha.

Baking juga jadi sarana belajar dan bermain anak-anak. Mereka seneng membantu saya bikin kue (baca: ngerecokin) meskipun dapur tambah berantakan dan prosesnya lebih lama. Saya biarkan mereka belajar sambil bermain di dapur.


Adonan donat siap proofing

Sebenarnya baking agak tricky. Kalau kita salah takaran atau step, adonan nggak jadi. Udah sesuai takaran dan step-stepnya tapi suhu oven kegedean, bisa gosong. Kalau suhu oven kurang, adonan nggak mateng. Adonan udah sesuai takaran dan step tapi alatnya nggak kering, bisa bantet. 

Baking juga butuh kesabaran ekstra karena kita harus nunggu kapan adonan benar-benar siap dicetak, membentuk adonan satu per satu, ada proses filling mulai dari bikin isian sampai memasukkan isian ke dalam adonan satu per satu. Huahahaha banyak tantangan selama ngebaking. Hal-hal ini yang bikin baking jadi seru. 

Yang paling saya suka dari ngebaking yaitu menikmati hasil fresh from the oven. Nyicipin kue saat masih panas dan harum itu suatu privilege buat saya. Ada kepuasan tersendiri saat hasil baking sesuai ekspektasi, nggak bantet, atau gosong. Apalagi lihat pasukan kesayangan doyan dengan hasil baking yang saya bikin. Rasanya lelah ngebaking terbayar lunas saat itu juga.😘

Btw saat bikin adonan donat saya dapat WhatsApp dari temen Indonesia di sini. Dia ngajak makan siang di unitnya setelah salat Jumat. Kami semua akrab dengan pasangan masing-masing jadi temenan santai, nggak canggung.

Saya agak kaget dapat undangan dadakan soalnya bingung mau bawa apa buat tuan rumah. Sebenernya nggak bawa buah tangan juga nggak apa-apa sih. Tapi saya ewuh atau nggak enakan sama tuan rumah. Daripada nggak bawa apa-apa akhirnya saya bawa donat yang baru dibikin. Kok bisa pas gini, ya.

Donatnya pakai gula halus atau icing sugar ala-ala donat kampung. Tapi gulanya saya sajikan terpisah karena kalau langsung dicampur tapi nggak langsung dimakan biasanya gulanya pada nempel dan mengeras di donat. Donat gula halus lebih enak dimakan langsung setelah donat ditaburi gula.


Donat dan icing sugar

Tuan rumah menyediakan mie ayam yang dibikin si Oma. Iya, ada ibu dari tuan rumah yang cewek karena dia habis melahirkan. Acara makan siangnya berlangsung hangat. Tuan rumah hanya mengundang teman dekat dan saudaranya yang juga tinggal di Doha. Jadi kami asyik makan dan ngobrol. Nggak ada yang sibuk foto sana-sini. Semua benar-benar menikmati acara makan bersama.

Saat kami asyik ngobrol tiba-tiba Oma cerita kisah cinta anak dan mantunya yang bikin mereka kaget. Abis itu Oma nanya kisah cinta saya dan pak suami. Glek. Gantian saya yang kaget. Huahaha.

Oma juga nanya saya lahir tahun berapa. Setelah tahu tahun kelahiran saya, beliau bilang,

"Wah, awet muda, ya. Mungkin karena kecil kali ya."

Yup, saya emang kecil tapi waktu Oma bilang saya awet muda, kepala jadi gedhe. Hahaha. Nggak sia-sia selama ini mandi formalin keringat tiap pagi. Bye bye botox, filler, operasi plastik. *dompet amanπŸ˜‚

Anak-anak juga hepi main bersama karena ada anak yang usianya sama. Saking asyik ngobrol dan bermain nggak terasa waktu udah sore. Kami hahahihi dari jam setengah dua sampai jam lima sore. Kami semua hepi dan kenyang. Hati kami full.

Meskipun jauh dari Indonesia tapi kami masih bisa merasakan kebersamaan yang hangat bersama teman-teman seperjuangan di sini. Kami masih bisa silaturahmi dan ngobrol santai sampai lupa waktu. Ah, senangnya.πŸ’•

2 comments

  1. donatnya keliatan empuk dan enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Iya, pakai resep donat kentang NCC empuk.

      Delete