Ngomongin Indomie dari A-Z

Sebagai pecinta mie, saya juga suka makan mie instan meskipun banyak yang bilang itu nggak baik untuk kesehatan. Mie instan favorit saya dari dulu tu Indomie.

Mie instan yang diproduksi Indofood ini sudah banyak dikenal hampir seluruh orang Indonesia. Produknya mie instan goreng dan rebus dengan berbagai varian rasa.

Sebagai mie instan favorit, Indomie nggak hanya dikenal di Indonesia namun juga di berbagai negara. Dalam situsnya, Indomie menyebutkan telah hadir di 100 negara. Salah satu negara yang suka dengan Indomie adalah Nigeria.

Indomie sangat disukai di Nigeria karena kepraktisannya. Selain itu Indomie juga menciptakan varian yang berbeda di sana. Pabrik Indomie di Nigeria didirikan tahun 1995. Saking terkenalnya Indomie di sana sampai-sampai orang Nigeria tahunya Indomie produk mereka bukan dari Indonesia.


Indomie di salah satu hypermarket di Qatar

Saya punya kenangan dengan Indomie.

Waktu kelas 6 SD saya ada pelajaran tambahan jam enam pagi, jadi kalau ke sekolah mruput. Berhubung ibu kerja, beliau nyiapin sarapan yang simple yaitu masak mie instan. Tiap hari saya makan Indomie rebus rasa ayam bawang. Keadaan ini berubah sejak ibu tahu makan mie instan tiap hari nggak baik.

Saking melekatnya kenangan saya dengan Indomie, mie instan yang pasti saya beli ya Indomie. Jujur, saya jarang beli merk lain. Varian yang saya beli itu-itu aja; Indomie ayam bawang, Indomie ayam spesial, dan Indomie goreng original. Varian lain nggak pernah saya lirik.

Padahal Indomie mengeluarkan banyak varian, ya. Ada Indomie rendang, soto banjar, bahkan sempat ada yang viral rasa telur asin. Tapi saya nggak tertarik buat nyoba. Serius. Saya bukan tipe orang yang latah untuk mencoba produk viral. NO.


Favorit

Hal ini beda dengan pilihan pak suami. Dia suka beli berbagai merk mie instan. Kalau belanja, dia kadang ambil Indomie rasa soto, Indomie kari ayam, dan mie Sedap goreng.

Saya pernah nyobain beberapa varian yang dibeli pak suami tapi saya kurang suka dengan rasanya. Entah rasa kecapnya terlalu manis atau aromanya yang terlalu tajam. Sampai saat ini mie instan yang cocok yaitu Indomie dengan varian yang saya sebutkan tadi.

Nah, kalau udah klik dengan suatu produk, saya akan loyal dengan produk tersebut. Nggak mau ke lain hati. Jadi kalau belanja gampang, tinggal ambil aja mie yang disuka tanpa tengak-tengok yang lain.😁


Indomie kari ayam pilihan pak suami

Indomie di luar Indonesia

Sudah jadi rahasia umum jika rasa Indomie di Indonesia berbeda dengan Indomie di luar Indonesia. Banyak yang bilang kalau Indomie di luar Indonesia kurang micin, jadi rasanya kurang gurih. Katanya lebih enak Indomie di Indonesia.

Dulu waktu di Jepang, saya pernah makan Indomie. Seneng banget kalau bisa nemu produk Indonesia di sana karena sudah pasti halal. Kata orang emang bener, rasa Indomie di Jepang beda dengan Indomie di Indonesia.

Nah, di Qatar saya selalu stok Indomie, hahaha. Di sini Indomie ada di mana-mana. Di salah satu hypermarket ada yang menjual Indomie di rak khusus. Banyak banget stok Indomie di sana. Indomie juga ada di minimarket apartemen yang buka 24 jam.

Sumpah, saya kaget Indomie ada banyak banget di sini. Kalau lihat orang Arab, Filipin, dan Thailand pada borong Indomie rasa soto dan Indomie goreng, rasanya gimana gitu. Ada rasa seneng dan bangga produk negara sendiri disukai warga negara lain.

Setelah saya perhatikan, bumbu Indomie di luar Indonesia ada yang beda. Untuk mie rebus, bumbunya sama yakni minyak sayur, bumbu inti, dan bubuk cabe.

Tapi untuk bumbu mie goreng beda.

Di Indonesia, bumbu Indomie goreng terdiri dari minyak sayur, kecap, saos sambal, bumbu inti, dan bawang goreng. Nah, di sini bumbunya cuma bumbu inti, bubuk cabe, minyak sayur, dan kecap.

Rasa Indomie di luar Indonesia memang beda karena micinnya kurang, nggak sebanyak micin di Indo. Apalagi untuk mie goreng yang bumbunya jelas beda. Yang pasti rasanya lebih gurih Indomie di negara asalnya lah ya.😆

Saya mau ngucapin terima kasih ke peracik bumbu Indomie, Ibu Nunuk Nuraini. Beliau sudah meninggal 2 tahun lalu. Bu Nunuk mengabdi di Indofood selama 30 tahun. Semoga pengabdian beliau bisa jadi amal karena telah menemukan rasa Indomie yang enak dan disukai banyak orang.


Bumbu Indomie goreng di Indonesia (atas) dan Qatar (bawah)

Iklan Indomie

Ada yang masih inget iklan Indomie jadul nggak, ya? Iklannya menceritakan alam Indonesia yang ijo royo-royo, ada petani panen bawang merah, merica, dan cabe. Ceritanya Indomie berasal dari alam Indonesia yang kaya rempah-rempah.

Saya seneng banget sama iklan itu. Sampai sekarang saya suka lihat iklannya di YouTube sambil ikutan nyanyi.

Dari Sabang sampai Merauke

Dari Timor sampai ke Talaud

Indonesia tanah airku

Indomie seleraku

Indomie Indomie seleraku

Indomie dari dan bagi Indonesia



Btw meskipun saya pecinta Indomie tapi saya belum pernah makan Indomie di warkop (warung kopi), lho. Eh, sekarang namanya ganti warmindo (warung makan Indomie). Saya penasaran sama Indomie yang dibikin mas-mas warmindo. Banyak yang bilang sih makan Indomie di sana enak karena ada bumbu tambahan entah cabenya yang dibanyakin atau ditambah bawang putih dan micin.

Tapi ya makan Indomie tu paling enak emang kalau dibikinin. Ya iyalah hawong kita tinggal makan, nggak perlu repot masak dulu.😂

Ini ceritaku tentang Indomie. Kamu ada cerita tentang Indomie juga, nggak?

6 comments

  1. Mbak pipit mungkin sudah tahu kalau indomie hanya mengeluarkan varian rasa tertentu di daerah tertentu saja. Tidak dipasarkan secara nasional ke berbagai daerah. Nah ketika aku berada di pagaralam (sumsel) aku menemukan indomie rebus rasa mie celor. Rasanya mirip dengan mie celor yang merupakan makanan khas dari sumsel.

    ketika berada di semarang minta tolong temanku yang tinggal di palembang untuk mengirimkan indomie rasa mie celor ke semarang. Itu saking kangennya..wkwkwk
    kemarin dapat info kalau mie celor sekarang dijual secara nasional dan bisa ditemukan di superindo. Mungkin next time bakal cari indomie mie celor di superindo.

    Kalau ngomongin pengalaman tentang indomie itu ga ada habisnya. Salah satunya makan indomie yang diolah dengan bumbu lokal ketika berada di aceh. Jadi indomienya lebih pedas dan nendang...wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, saya baru tahu Indomie mengeluarkan varian tertentu di daerah tertentu. Mungkin krn saya belum pernah ke luar Jawa jadi nggak tahu. Kalau Indomie di Jawa sepertinya sama, di mana2 ada.

      Saya kaget waktu tahu ada Indomie rasa mie celor. Secara saya belum pernah makan mie celor juga. Menarik baca pengalaman Mas Rivai makan Indomie di berbagai daerah. Bisa diceritakan lebih panjang di blognya Mas Rivai, tuh. Hehehe

      Delete
  2. sambil baca blog ini, aku juga terngiang jingle nya Indomie ah taunya ada link YouTube :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklannya memang memorable banget, ya. Jadi ikutan nyanyi kan kalau lihat. Iya, sekarang apa2 ada di YouTube.

      Delete
  3. Astagaaaaah, baca ini aku langsung balik ke memori kecil jugaaa 😍😍😍😍...

    Ingeeet dong iklannya. Dari sekian banyak iklan, cuma iklannya Indomie yg aku tonton sampai habis 🤣.mana kdg ngeliat racikannya bikin ngiler juga.

    Aku sbnrnya tipe yg suka nyobain aneka rasa mba. Jadi tiap ada mie baru, dari Indomie atau brand lain, aku coba yg penting halal aja. Tapi memang, baliknya ke Indomie lagiiii 😂😂. Kalo utk goreng aku LBH suka rica2 tapi. Kalo kuah suka yg kaldu ayam Krn enak kalo diracik macam2.

    Tapi memang rasanya beda ya dengan yg dijual di LN. Even pas aku kuliah di Malaysia, Indomie banyak, cuma Krn rasanya ga segurih yg indo punya, jadinya aku LBH suka beli Maggi Tomyam 😄.

    Pas di Korsel, aku ga Nemu Indomie, jadinya lebih sering makan samyang.

    Tapi memang, yg dijual Ama warmindo, jauh LBH enak drpd buatan sendiri hahahahha..ntahlaah, Krn racikannya pas, trus tekstur mie nya bisa gitu ga lembek, tapi ga keras. Enaak aja . Pernah bikin yg sama, aku tambahin sawi, korned, kok ya ga seenak mereka juga.

    Aku pernah ke pabrik Indomie di Medan pas study tour SMP. Dapat souvenir sekardus kecil Indomie 🤣. Ngeliat pabriknya LGS seneeng banget. Dijelasin cara buat dll. Tapi ada 1 hal yg bullshit banget penjelasannya. Si bapak yg jadi guide bilang kalo ada anak yg juara dan bahkan beasiswa ke LN, itu hanya Krn makannya Indomie tiap hari 😂😂😂.

    Yaelaaah kita juga tahu kali kalo Indomie ga bisa dimakan setiap hari..pake acara ngomong gitu 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Indomie udah ada sejak dulu jadi semuanya memorable, ya. Dari iklan dan varian mienya.

      Saya suka Indomie karena lagunya enak didengar dan lihat racikan Indomie jadi ngiler pengen maem juga, hahaha.

      Mbaaa, saya penasaran sama mie samyang. Belum pernah makan sama sekali. Kapan2 boleh deh nyobain. Di sini ada banyak mie Korea.

      Gara2 komen Mba Fanny saya jadi penasaran sama Indomie bikinan mas2 Warmindo. Nanti kalau pulang, semoga bisa beli, hahaha.

      Wiiih, enak sekali pergi ke pabrik Indomie. Pasti pengalamannya seru krn masih diinget sampai sekarang. Apalagi dikasih suvenir sekardus Indomie. Enaknyaaaa...
      Eh, btw diriku dulu makan Indomie tiap hari lho tapi nggak pinter juga tu. Hahahaha.

      Delete