Monday, February 16, 2015

Ngeblog itu Asyik

Hampir setahun saya ngeblog. Iya, membuat postingan pertama kali di Bulan Februari tahun lalu. Awalnya saya nggak sengaja ngeblog. Waktu itu ikut suami yang sedang dinas di negerinya Doraemon. Di sana lumayan bengong dan bingung mau ngapain, akhirnya saya menulis sekedar untuk mendokumentasikan cerita-cerita selama berada di sana. Ternyata saya ketagihan. Dan memang, ngeblog itu asyik. Meskipun ngeblog itu asyik tapi saya tetap memperhatikan postingan agar tidak menimbulkan konflik dan menyakiti orang lain. 

Walau baru setahun ngeblog, sebenarnya saya tertarik di dunia tulis menulis sejak tahun 2007. Waktu itu saya iseng menulis dan mengirimkan artikel ke harian lokal di daerah asal saya, Semarang. Alhamdulillah, tulisan saya dimuat. Mulanya saya tidak tahu kalau dimuat karena bapak langganan koran dari kantor, jadi kalau membaca koran menunggu bapak pulang kantor. Waktu itu, sahabat saya mengabarkan soal ini melalui SMS. Seneng banget rasanya ketika tahu tulisan dimuat di koran. Norak, deh. Dari pihak korannya tidak memberikan kabar apa-apa soal tulisan saya. Katanya sih kalau tulisan dimuat, si penulis akan mendapat honor. Nah, saya bela-belain datang ke daerah Terboyo untuk mengonfirmasikan hal ini. Meski agak malu tapi saya dan teman cuek. Dan, benar saja, saya mendapat upah yang jumlahnya sudah saya lupa. Hihihi upahnya buat beli jajan saya dan sahabat. Sejak itu, saya mengirimkan artikel lagi tapi nggak pernah dimuat. Sedih sih dan mempengaruhi mood menulis saat itu.

Sempat vakum beberapa tahun menulis, namun saya masih corat-coret di notes facebook. Ya, waktu itu belum kenal blog. Tulisan di facebook isinya hampir sama dengan blog, curhat melulu, hihihi.

Saya mempunyai keyakinan kalau setiap orang akan terus belajar seiring bertambahnya usia dan kegiatan yang dilakoni. Pun begitu dengan saya. Kalau ingat sewaktu awal ngeblog, saya malu. Tampilan blog yang masih menggunakan template bawaan blogspot pernah saya lakoni. Menulis yang biasa banget pernah saya lakoni *bahkan sampai sekarang hihihi. Apalagi memakai alamat blog yang agak alay serta template warna-warni pun pernah saya lakoni. Kurang apa coba? Oia, sepi pengunjung dan fakir komen masih sering saya alami, hihihihi. 

Tapi itu bukan halangan bagi saya. Semakin hari, saya semakin terpacu untuk selalu belajar dan pantang menyerah. Niat ngeblog karena satu, saya suka menulis dan ingin berbagi. Sewaktu belum kenal blog, dulu kalau mengalami sesuatu misalnya nguliner yang menurut saya enak, piknik atau malah sedang apes, pengin banget menceritakan hal ini ke orang lain dengan harapan agar mereka dapat mengetahui apa yang saya rasa. Dengan harapan agar mereka bisa belajar dari peristiwa yang saya alami. Dengan harapan agar mereka tidak mengalami kejadian yang apes seperti saya. Itu harapan-harapan saya.

Yah, kadang harapan tinggal harapan. Rasa malas untuk membuat postingan sering saya alami. Malas karena bingung mau menulis apa. Malas karena seolah-olah hanya itu-itu saja postingan saya. Tak heran, pada bulan Juli-Agustus tahun lalu saya tidak ngeblog sama sekali, hihihi. Untuk memacu semangat menulis, saya membuat daftar ide postingan atau segera menuliskan ide tersebut di kertas atau di notes HP. Dengan begitu, kalau mau membuat postingan, tinggal membuka daftar ide. Jika sudah dilaksanakan, akan saya coret. Cara ini cukup efektif memacu semangat menulis, terutama untuk diri sendiri.

Banyaknya tulisan yang berisi pengalaman dan curhatan apalagi sekarang saya memilih tidak bekerja, maka hal ini mempengaruhi isi blog ini. Blog yang seperti gado-gado karena isinya random. Biar memudahkan pengunjung, saya rela tidak tidur semalam dan rela bergadang sampai pagi demi memperbaiki tampilan blog. Saya lakukan ini demi kenyamanan teman-teman yang mampir ke blog saya. Seneng banget kalau banyak yang mampir ke blog ini dan menjalin silaturahim. 

Saya usahakan untuk melakukan kunjungan balik ke blog teman-teman. Tapi itu belum semua karena saya kalau blogwalking terlalu asyik membaca dan menghayati postingan teman-teman. Seringnya saya merapel kunjungan. Jadi, untuk sekali kunjungan, saya membaca beberapa artikel dan meninggalkan jejak di sana. Dan, saya mohon maaf karena sampai saat ini saya belum bisa berkunjung balik ke blog teman-teman yang sudah mampir di sini. In sya Alloh jika memungkinkan, saya akan berkunjung balik, kok.

Alhamdulillah, semakin hari saya semakin cinta dengan ngeblog karena banyak sekali pengalaman yang saya dapat. Dengan ngeblog, saya bisa menambah teman. Dengan ngeblog, pengetahuan saya bertambah karena mendapat ilmu dari postingan teman-teman. Dengan ngeblog, saya bisa mendapat aneka rezeki. Saya mencintai apa yang saat ini saya lakukan karena geblog itu asyik. Happy Blogging ^-^



http://cokelatgosong.blogspot.com/2015/02/-giveaway-pertama-blog-cokelat-gosong.html


















61 comments:

  1. Semua memang butuh proses ya mak. Keep writing :-)

    ReplyDelete
  2. Hehehe, tetap semangat ya mbak

    ReplyDelete
  3. betul sekali mbak, karena ngeblog rezeki kita bertambah, apalgi punya banyak teman di seluruh nusantara ya :)

    ReplyDelete
  4. banyak manfaat yg bisa kita peroleh dr ngeblog ya mak...

    ReplyDelete
  5. gak norak kok mbk ,malah seneng kan kalau di muat di media. Aku di ajari dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, kebalik Mba.
      Saya yg minta ajar :)

      Delete
  6. terus menulis dan terus berbagi Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. In sya Alloh, Mba.
      Mba Ninik juga ya ^-^

      Delete
  7. Asyik-asyik kadang BETE juga yah hehe... apalagi kalo trafick anjlok duh sakitnya kena gimna gituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kalo rajin diapdet, makin naik trafficknya Mas ^-^

      Delete
  8. Sekarang tampilan blognya sudah nggak norak lagi :D
    simpel dan enak baca kontennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener, Mas. Kalo inget kenorakan saya *tutup muka*
      Makasih ya :D

      Delete
  9. Terdaftar!Terima kasih sudah berpartisipasi ^^

    Dulunya aku juga begitu, masih gak jelas. Sejak fokus ngeblog, ternyata aku menemukan kecintaan yang aku cari :))

    ReplyDelete
  10. Tulisan yang dimuat itu sebagai sambutan buat Mbak Widya di dunia tulis-menulis. Biar semangat, dan setelah Mbak semakin tertarik, jalannya gak akan langsung indah terus. Pasti akan ada banyak ujian malang melintang, tapi tenang aja mbak, kalau kita istiqomah, ujian nulis (ditolak dsb), dihadapi dengan ikhlas, akan datang banyak keberuntungan nantinya. Lebih manis dari sambutan yang pertama tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa terimakasih Mbaaa..
      Sampai sekarang belum ngirim naskah lagi Mba :)

      Delete
  11. I love ngeblog.
    Kalau nggak ngeblog, nggak bakal ketemu mak pipit donk..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat blog pula saya bisa kenal Mak Inda :)

      Delete
  12. nulis dan ngeblog itu memang nagihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu berguru banyak sama Mba Dew, nih.

      Delete
  13. semangat mak :)
    saya jd malu liat archivenya... postingan saya bulan ini malah blum setengahnya postingan dirimu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, biasa aja Mak.
      Ayo semangat juga ya :)

      Delete
  14. ada keasyikan sendiri ya mbak kalau sudah tahu nikmatnya menulis di blog, apapun yang ingin kita curahkan, bisa kita sajikan melalui Blog, dan itu pastinya akan berguna bagi pembaca yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Pak.
      Semoga ya Pak bisa menebar manfaat. Aamiin.

      Delete
  15. Hihihiii hampir sama dg aku. Pertama ngeblog karena bengong waktu ikut tugas suami ke Sumatra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kok bisa samaan nih awal ceritanya :)

      Delete
  16. Wah hebat udah setahun ngeBlognya, semoga menang GAnya yah, ikutan GA gue juga dong berhadiah pulsa senilai 100.000 yuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhhm, tadi sudah mampir dan belum paham betul soal GA-nya :)

      Delete
  17. yap, blogging itu memang adalah hal yang sangat menyenangkan :)
    semakin lama saya juga makin cinta sama dunia bloggin ini..

    ReplyDelete
  18. Kalau saya ngeblog juga iseng saja untuk mengisi waktu libur saya dan blogwolking saya lakukan untuk menambah wawasan

    ReplyDelete
  19. Piiiit...
    semoga bisa semangat terus nge blog nya yaaah :)

    dan bener banget nge blog itu bisa nambah temen, seruuu :)

    Etapi aku dari awal ngeblog sampe sekarang gak pernah ganti theme blog lho Pit, dari dulu itu aja terus hehehe...antara males dan gaptek sih sebenernya..pffftttt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bi supportnya.
      Apaaa?? Dari dulu ga ganti template?
      Loyal banget, Bi.
      Aaah, diriku juga gaptek. Ini karena template yg dulu gonjreng, Bii hahaha.

      Delete
  20. Mbaaa ini Una...
    Asik banget ngeblog yaaa Mbaaa :')
    Pengeeen ih ke rumah Doraemon >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Una. Senengnya berlanjut di mari.
      Aamiin, semoga dirimu bisa ke sana, ya :)

      Delete
  21. Hai mbak pipiiit.. sama mbak. aku juga sedang merintis di dunia blog dannn ngeblog itu emang seru bgt! Cuman akhir2 ini lg kena writer's block. mau nulis satu postingan aja bisa seharian. Huhuhhuuu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mba Nisa!
      Sukses bwt usaha yg baru dirintis :)

      Delete
  22. makanya saya betah ngeblog, Mak :D

    ReplyDelete
  23. Dan alamat alay itu ga enak kan ha ha

    ReplyDelete
  24. benerrr.. ngeblog itu emang asik banget lhoo :)

    ReplyDelete
  25. Proses ya, Mbak Piiiit.. Konsisten terus yaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, moga bisa konsisten ya, Beb.

      Delete
  26. ketagihan yaaaa...sama,tos!!!hehehe..
    berkah ngeblog itu salah satunya bertambah saudara^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih. Gimana dong.
      Seneng Mba bisa kenal dirimu dan tahu daerah yg kau tinggali.

      Delete
  27. Ngeblog memang menyenangkan ya..dengan ngeblog saya jadi kenal kamu mak pit ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sama Mbak, mg2 kita bisa ketemuan lagi ya :)

      Delete
  28. salam kenal mbak, wah sama saya mulainya juga 2007 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali.
      Duh, kalo ngeblog sy baru banget, tahun kemarin :)

      Delete
  29. Seru juga ceritanya mbak. Saya sepakat kalo ngeblog itu asik, dan asik, dan asik, dan sederajat dengan asik. Hehe.. Yang paling penting bisa berbagi tulisan terbaik kepada orang banyak. Salam hangat by Anwarizcom

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com