Pertama Kali ke Erha Klinik

Akhirnya ke Erha juga. Btw postingan ini murni cerita pengalaman pribadi.

Setelah lama nggak perawatan dokter akhirnya saya pakai krim dokter lagi. Waktu masih tinggal di Semarang, saya perawatan wajah di klinik Gracia milik dr. Lewi, Sp.KK. Dulu saya jerawatan banyak banget. Setelah rutin perawatan di dr. Lewi, alhamdulillah jerawat sembuh tapi bekas jerawatnya masih ada. Kalau kata temen, pipi saya kayak sarang tawon saking banyak bolongnya.-,-

Sejak nikah dan pindah ke Depok sebenernya saya pengen banget ngelanjutin perawatan wajah tapi nggak tahu harus ke mana. Takut kalau nggak cocok dan wajah saya jerawatan lagi. Jadi saya sempat vakum nggak perawatan dokter sekitar 6 tahunan. Saya cuma pakai W4rd4h untuk kosmetik sehari-hari. Dari lightening series sampai ganti yang paket anti aging. 

Nah, setahun kemarin saya pernah nyobain perawatan di daerah Cibinong. Saya dapet rekomendasi dari tetangga. Tapi setelah beberapa bulan wajah memerah kalau kena panas. So, saya putuskan stop perawatan di situ.

Sejak itu saya vakum lagi sekitar setahun dan tetap pakai kosmetik kayak biasanya. Tapi wajah tetep gini-gini aja. Masih kusam dan kelihatan kurang terawat, huhuhu. 

Bulan Oktober lalu, tiba-tiba aja pak suami nyuruh saya untuk perawatan lagi di tempat yang lebih bagus dari sebelumnya. Sebagai istri, saya langsung ngasih tahu tentang Erha Klinik. Yah, alasannya receh sih karena saya sering lewat Erha di Jalan Kartini, Depok. Hahahaha. Lagian Erha udah terkenal karena brandnya bagus. 

Setelah googling pun, semakin banyak yang bilang kalau Erha bagus dan banyak yang cocok. Tapi saya juga bilang ke pak suami, kayaknya biayanya agak mahal. Dan nggak nyangka, pak suami setuju aja tanpa tanya apa-apa. Kayaknya dia udah hopeless sama muka istri yang kusam dan kurang terawat.-,- 

Lah, langsung dong ya saya googling lagi. Hahahaha, ngelunjak ceritanya. Emang sih sebelum pergi ke mana pun atau mau mutusin apa, saya biasakan cari info dulu via google. Saya baca pengalaman atau komen yang berhubungan. Kalau misal infonya banyak yang bilang nggak bagus, ya sudah deh coret, ganti yang lain. Alhamdulillahnya netizen itu baik sekali. Mereka nyeritain pengalaman selama perawatan di Erha Klinik detail banget. Info-info kayak gini yang sangat dibutuhkan oleh pembaca kayak saya yang baru pertama kali ke Erha Klinik. 

Dari baca blognya orang dan baca forum yang bahas Erha, banyak yang bilang kalau Erha Klinik emang rekomended. Pengalaman mereka sebagian besar puas karena fasilitas, pelayanan, dan tentu saja hasilnya. Urusan duit, ada harga ada rupa ya. Hahahaha, setuju banget kalau ini. Setelah cukup info tentang Erha, baru saya yakin dengan keputusan yang akan saya buat. 

Makanya nih, dulu kalau lewat Erha Klinik cuma mandangin aja karena jiper, takut kemahalan. Kan nggak enak ya kalau udah masuk cuma tanya-tanya harga doang terus nggak jadi. Hahahaha. Makanya waktu googling, saya bener-bener nyari info sampai ke harganya segala. Serius, saya sampai sedetail itu karena orangnya nggak pedean. Padahal mah uang ada.*sombong, hahaha*


Maaf ya gambarnya burem. Info ada di bawah postingan kok


Hasil dari googling, Erha pertama ada di Jakarta sejak tahun 1999. Erha didukung oleh tim dermatologist terbaik yang selalu mengembangkan program terkini dalam Erha Institute. Karena pelayanan dan fasilitasnya yang bagus, jadi banyak yang cocok sehingga Erha membuka banyak cabang. Alhamdulillahnya, Erha Depok ada di Jalan Kartini. Lumayan deket dari rumah. 

Duluuu banget, saya tahunya Erha cuma menyediakan perawatan wajah untuk kecantikan aja. Ternyata banyak lho perawatan lain yang ada di sini. Misal masalah keloid juga bisa. Kalau nggak googling, saya nggak bakal tahu kalau Erha juga ada perawatan rambut. Jadi, konsumen Erha nggak cuma cewek aja tapi saya pernah lihat ada bapak-bapak treatment rambut juga.

Saya punya masalah kerontokan rambut. Rambut saya keturunan tipis. Udah tipis, rontok pula. Komplit banget kan masalahnya. Apalagi setelah minum obat promil, rontoknya makin parah.  Obat promil yang saya konsumsi kebanyakan untuk menambah hormon. Ketika tahu Erha ada perawatan rambut, saya rikues perawatan ini juga ke pak suami. Alhamdulillah disetujui ama pak suami, hahahaha. Kan kan kayaknya pak suami emang udah hopeless.

Tentang perawatan rambut dan wajah di Erha, saya ceritakan terpisah ya. Kepanjangan kalau di sini.


Ruang tunggu lantai 2 Erha Depok


Jadi apa yang dilakukan waktu pertama kali ke Erha Klinik?

Pendaftaran di front liner, bawa KTP atau kartu identitas lain. Pendaftaran ini untuk data rekam medik. Bilang aja ke petugas di situ kalau ini kali pertama ke Erha. Mau konsul dokter. Kalau pertama ke sini sebaiknya konsul dokter dulu biar kita tahu butuh perawatan apa aja. Lagian buat dapetin krim ataupun obat sebagian besar pakai resep dokter. 

Dari pertemuan pertama ini, kita bisa aja minta supaya wajah kita cuma kelihatan bersih dan segar. Kalau mau ditreatment yang lain nggak mau. Bisa aja sih. Dokter kan cuma menyarankan. Semua tindakan yang akan dilakukan tergantung kita dan kondisi dompet. Hahahaha, ini true story banget.

Jadi waktu pertama kali ketemu dokter, saya udah bilang cuma mau wajah bersih dan segar aja. Ternyata setelah saya minta saran dokter, saya disuruh CRT. Waktu itu saya nolak karena nggak bawa duit yang cukup. Kartu debit juga belum diisi. Jadi ya beneran saya cuma dikasih krim aja. Bulan selanjutnya saya ambil paket perawatan CRT. 

Apa itu CRT?

Ceritanya lengkap tentang CRT menyusul ya. 

Nah, kalau misal kalian udah googling atau udah tanya-tanya by phone mau perawatan apa, ya  udah daftar sekalian perawatan hari itu juga. 

Kalau Erha Depok, dokter praktik hari kerja di pagi dan sore. Kalau Sabtu seringnya full. Duh, kalau bisa jangan ambil weekend karena parkirnya susah dan antrenya lama. Kata perawatnya, saking ramenya bahkan ada yang parkir di Kantor Pos (seberang Erha Kartini Depok). Kebayang kan kalau weekend bakal kayak gimana. Misal mau konsul dokter antre, perawatan antre juga. Nah, masih nunggu lagi buat antre obatnya. Sungguh melelahkan.

Setelah mendaftar dan perawatan, kita dikasih resep untuk ambil obat dan krim-krimnya. Abis itu udah, pulang. Itu kalau nggak antre lama ya. Kalau antre ya nunggu dulu, hahahaha.

Biaya di Erha Klinik berapa?

Kalau kata saya sih, harga di Erha wajar kok. Sebanding sama pelayanan dan hasilnya. Semua kuitansi masih saya simpan lho. Ini semua buat info di blog ya, hahaha.

Oia, untuk datang pertama kali dikenakan biaya admin 15ribu doang. Abis itu kayaknya nggak dikenakan biaya admin lagi. Biaya dokternya tergantung sih. Jadi kan saya ambil perawatan rambut dan wajah. Untuk perawatan rambut kebetulan dokter yang megang saya masih dokter umum biayanya 130ribu. Nah, kalau dokter kulit udah spesialis biayanya 175ribu.

Itu biaya tiap konsul dokter lho. Kalau misal ambil paket atau sedang treatment dan dokter sendiri yang menangani ya nggak kena biaya konsul. Harga obat dan krimnya bervariasi sih. Start 60ribuan sampai ratusan ribu. Nggak tahu juga ya ada yang jutaan apa kagak. Moga-moga aja nggak ya, hahahaha. 

Nah, kalau biaya treatmentnya macem-macem. Dari ratusan ribu sampai jutaan. Saya nggak apal lah ya. Cuma kalau ambil paket treatment jatuhnya lebih murah ketimbang ngeteng. Tapi kalau udah ambil paket treatment misal di Erha Depok, kamu kudu treatment ulang di Erha Depok. Nggak bisa di cabang lain. Kejadian ini barusan aja saya alami. Saya mau treatment ulang tapi alatnya rusak dan nggak bisa treatment di tempat lain karena udah paket. 

Ada Jastip Erha Lho

Oia, waktu saya search di IG kok nggak ada akun Erha yang asli ya? Apa saya yang nggak tahu nih? Soalnya di IG ada beberapa akun Erha tapi followernya dikit. Dan yang bikin saya kaget yaitu ada jasa titip beli krim Erha lho. Dih, kok saya ngeri ya waktu tahu jastip ini.

Di pikiran saya, apa akun tersebut bisa dititipi semua krim yang kita butuhkan (sesuai resep yang kita terima). Atau mereka menjual krim buat pemutih dan bersih aja. Jadi kayak krim yang dipakai sehari-hari aja gitu. Kalau krim-krim kayak gini kayaknya banyak yang beli deh tanpa ke Erha. Jadi beli di akun tersebut. Bisa jadi akun tersebut memang member Erha yang cuma dapet krim perawatan biasa dan umum dipakai oleh kebanyakan perempuan. Jadi mereka pikir minim efek samping dan bisa dapet untung kan. 

Tapi ada juga yang jual preloved produk Erha lho. Jadi mereka yang jual preloved biasanya mereka udah kadung beli produk Erha tapi belum habis. Nah, saat itu dokter udah kasih resep baru. Daripada krimnya mubazir makanya dijual prloved. Emang sih kalau dihitung gini, kitanya yang rugi. Soalnya krim Erha yang diresepin dokter itu banyak, nggak cuma sebiji dua biji. Belum kalau ada sabun dan obat minumnya. Duh, tambah rugi kan. 

Tapi dari akun-akun ini saya juga tahu lho kalau Erha menjual berbagai macam krim. Nggak cuma krim wajah aja. Ada juga krim buat mutihin area yang terlipat kayak ketek dan se********an. Serius. Setahu saya krim kayak gini harus pakai resep dokter.

Saran saya, sebaiknya kalau mau krim Erha, konsultasikan dulu dengan dokter. Kalau dirasa perlu, minta resep aja. Jadi di Erha ada krim yang emang dijual bebas dan krim yang harus pake resep dokter. Dijual bebas di sini artinya, kamu kalau bukan member Erha bisa juga kok beli produknya. Nah, produk bebas ini apa aja, saya kurang tahu banyak. Bisa ditanyakan di front liner dan biasanya dipajang di bagian depan. 


Produk Erha yang dijual bebas


Puas nggak sama pelayanan di Erha Klinik?

Sejauh ini saya cukup puas dengan pelayanan di Erha Klinik. Bagian front liner ramah meski ada yang jutek juga. Dokternya juga komunikatif asal kitanya yang aktif nanya dan nggak diem aja. Rugi bok bayar biaya konsulnya kalau cuma diem. Ya kan?

Oia, saya sampai sekarang sering chat sama dokter kulit buat nanya krim yang kudu dipakai apa aja. Dan ini barusan ada kejadian karena saya nggak bisa perawatan ulang sebab alatnya rusak. Hal ini sudah saya ceritakan ke dokter via WA. Dokternya baik banget mau bantu supaya alatnya cepat normal lagi.

Yang bikin saya suka banget yaitu tiap perawatan di Erha pasti kita difoto untuk before dan after. Jadi dokter dan kita tahu perkembangan perawatan selama ini. Love banget deh. 

Udah ya segitu dulu curhatan saya soal ke Erha pertama kali. Udah panjang euy tulisan ini, nyampe 1500-an kata, hahahaha. 



Erha Klinik Depok
Jl. Kartini No.22 B-C, Depok
Telp (021) 77219215
Fax (021) 77219216

34 comments

  1. wah perawatan ya, aku jarang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamah Tira kulit mukanya sudah bagus, kayaknya ga ada masalah ya.

      Delete
  2. Aku sempet pake Erha dulu, tp krn aku orgnya males, jadi ga lanjut lg deh hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Yeye, sempet baca tulisanmu mba, tapi kok ruang konsulku beda ama tempatmu mba. Hehehe. Di Depok tempatnya kayak konsul ke dokter pada umumnya.

      Delete
  3. wuah, dr. Lewi itu ngehits banget di Semarang mbak. Dulu temen-temen banyak yg pake krimnya.

    ReplyDelete
  4. Pernah nyoba tuh istri saya cuma berhubung dia sibuk jadi jarang deh perawatan wajah lagi..paling mungkin sebulan sekali..😃😃😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiplah kalau masih bisa perawatan wajah.

      Delete
  5. Mba pipit widya di erha depok ditangani oleh dokter siapa ya namanya ? Kebetulan mau coba tp masih takut2..

    ReplyDelete
  6. Mbk pipit msh prwtn d erha smpe skrg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya masih tapi karena satu hal, sekarang saya stop dulu. Itu pun atas sepengetahuan dokter. Saya cuma ngabari dokter via WA. Insya Allah nanti balik lagi.

      Delete
    2. Blh mnta nmr wa mb pipit?

      Delete
    3. Blh mnta nmr wa mb pipit?

      Delete
    4. Via email aja ya, Mba.

      hipipitwidya@gmail.com

      Delete
  7. halo mbak, boleh tanya harga CRT ny ga? makasi :)

    ReplyDelete
  8. mana, ga bahas harga sama sekali?

    ReplyDelete
  9. Halo. Mba. .Mau tanya.klau pendaftarnnya bayar gak?. Konsultasinya berapa ya?

    ReplyDelete
  10. Biayaa obat nya berapa ya.. Kalau pertama daftar.

    ReplyDelete
  11. Kalo perawatan wajah d erha biasa ny hbis biaya brp mba?

    ReplyDelete
  12. Hai kakk.. kak waktu berhenti dari dr. lewie breakout engga ?

    ReplyDelete
  13. Hllo kak, di erha depok awal perawatan biayanya habis berapa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kan ambil paket CRT, waktu itu paket CRT 5x biayanya 5jutaan. Belum termasuk obat dan krim2nya. Total 6jutaan.

      Delete
  14. Awal perawatan hbs brp kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kan ambil paket CRT, waktu itu paket CRT 5x biayanya 5jutaan. Belum termasuk obat dan krim2nya. Total 6jutaan.

      Delete
  15. Review perawatan rambutnya belum ada ya mba?

    ReplyDelete
  16. Dulu saya sering liat papan iklan Erha ini, dan rasanya tak terjangkau dengan dompet saya.
    Pas sekarang banyak di review blogger, saya jadi pengen coba juga, pas ada promo di Sociolla saya beli krimnya aja, dan ya begitulah, hahaha.

    Kulit saya memang badak sih, atau memang saking pake skinkernya campur-campur, semua merk ada dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya kulit badak enak, Mba. Mau pakai kosmetik apa pun muka tetap aman, hehe.

      Delete
  17. Saya baru kemarin pakai CRT. Ga di tawarin paket sih. Jd 1x perawatan CRT 1,5. Dan sm creamnya 1,750an. Muka masih perih. Pori2 ngaruh jd kecil ga mbak abis CRT?

    ReplyDelete
  18. waah, treatment di klinik erha kulitnya jd muluss :D

    ReplyDelete