Tak Perlu Semua Orang Tahu

Dulu kayaknya saya tipe orang yang ekstrovert. Gampang banget cerita ke orang yang baru dikenal. Cerita hal-hal nggak penting yang nggak semua orang harus tahu.

Saya Inget banget saat mau ke Jepang tahun 2014 lalu. Saya ketemu dosen UI yang sudah senior. Beliau mau menghadiri acara di Jepang. Beberapa menit ketemu orang yang baru dikenal saya udah cerita macem-macem. Tentang kuliah, ke Jepang ngapain, belum punya anak (saat itu), dll. Dosennya suka ngobrol juga sih jadi kami menghabiskan waktu boarding buat cerita pengalaman masing-masing.

Tapi makin ke sini saya kok rasanya makin pendiam ya. Hahaha.

Gimana ya buat menjelaskannya?

Hm, jadi sekarang saya lebih suka cerita ke orang-orang yang saya kenal akrab. Kalo nggak akrab saya bakal diam. Seringnya saya bakal ngomong kalau ditanya duluan. Dan yang paling berubah yaitu saya menjaga privasi dengan baik. Nggak asal ngomong kayak dulu. Hal-hal yang nggak perlu orang tahu, nggak bakal saya ceritain secara gamblang.

Nggak tahu kenapa kok sekarang saya agak pendiam. Mungkin seiring bertambahnya umur kali ya jadi saya banyak belajar dari pengalaman. Banyak banget peristiwa yang bikin saya memilih jalan hidup seperti sekarang.

Nyesel?

Enggak lah.

Saya justru bahagia dengan pilihan hidup seperti ini.

Dari Pixabay 

Bahkan curhat di medsos pun jarang. Boro-boro curhat hawong buka medsos aja udah males duluan. Kalau nggak penting banget saya nggak buka medsos.

Saat ini saya udah nggak pakai Line. Udah lama uninstall karena kurang berfaedah. Padahal orang Jepang banyak yang pakai Line, ya. Hehehe, biarin deh.

Baca juga: Halo dari Jepang

Sekarang saya udah jarang atau hampir nggak pernah twitteran. Dulu bikin twitter karena untuk syarat lomba blog aja. Sekarang buka twitter buat komplain via DM kalau ada pelayanan yang kurang oke dari suatu brand. Ini pun jarang banget saya lakuin karena kalau nggak gondok banget dan urgen, saya masih bisa nahan amarah.

Facebook gimana? 
Saya masih buka Facebook tapi buat nyontek masakan Jepang dan makanan halal di Jepang. Kalau info komunitas blog udah jarang banget buka.

Instagram apa kabar? 
Ini saya suka bangeett karena banyak racunnya, hahaha. Jadi saya suka buka Instagram untuk belanja online, hahaha.

Kalau buat stalking?
Ada sih tapi nggak buka akun lambe-lambean ya. Males euy ngurusin artis, hahaha. Stalking buat nyari resep atau ngintip akun yang ngajarin hidup sehat aja biar ketularan. Gara-gara stalking nggak berasa waktu buat mantengin IG banyak banget. Padahal ya nggak dapat apa-apa. Dicontoh pun enggak, hahaha. Tahu gitu kan waktunya buat ngeblog aja. Etapi kok ya diulang-ulang terus lho kelakuan ini, hahaha.

Status WA? 
Waini bikin males juga, hahaha. Jadi udah lama banget saya nggak bikin status. Pengennya sih nyetatus buat hal-hal positif aja bukan cuma untuk pamer. Saya pernah di masa benar-benar nggak buka status sama sekali. Klik status NGGAK PERNAH. Tuh sampai di-capslock. Lama-lama saya buka status tapi cuma sepintas dan nggak bikin status. Semacam kepo ama kehidupan orang, hahaha. Udah sebulan ini saya memutuskan untuk nggak buka status SAMA SEKALI. Jadi bukan ngepoin status orang tanpa klik statusnya. NOOOO.

Kenapa?

Karena saya merasa nggak perlu semua orang tahu apa aja yang sedang saya lakuin atau jalani. Begitu pula sebaliknya. Saya juga nggak perlu tahu apa yang terjadi pada orang lain.

Kedengaran egois ya?

Nope, ini merupakan pilihan dan saya memutuskan ini supaya lebih fokus pada kehidupan saya dan keluarga. Bagi saya, tanpa status WA pun saya masih baik-baik aja. Kadang saya malah malu kalau bikin status. Saya pernah bikin status, baru dilihat sedikit orang lalu saya hapus.

Saya pernah bikin status WA promoin jastip bapake yang mau balik dari Jepang. Lah, ada teman yang udah sering jalan-jalan ke luar negeri membalas dengan cie-cie. Hahaha, saya malu.

Saya pernah lho merenung soal status WhatsApp.

Jadi saya pernah bikin status. Abis bikin status, saya merasa antara pamer atau malah terpuruk. Tiap update status yang saya anggap oke, kok saya merasa pamer karena senang bakal dilihat orang banyak. Semacam untuk aktualisasi diri. Lalu setelahnya saya hapus karena dipikir-pikir kayak nggak penting juga. 

Kalau misal curhat di status, saya malah tambah down. Lebih enak curhat ke sahabat karena mereka akan menghibur atau memberi solusi. Daripada masalah diumbar ke mana-mana, lebih baik sahabat aja yang tahu kondisi dan masalah yang saya alami.

Misal anak sakit, tukang gorden nyebelin, curhat ini itu di status WA, apa bisa keadaan membaik kalau udah dibikin status? 

Kan enggak to. Keadaan akan tetap sama kalau kita nggak berusaha untuk memperbaikinya. Buat apa bikin status kalau kitanya sendiri nggak berusaha untuk mencari solusi atau memperbaiki keadaan. Makanya saya memutuskan untuk nggak bikin status.

Hm, ada yang nanya gini,

"Mbak update status WA dong biar tahu kehidupan di Jepang."

Haduuuhh, ada teman yang mau no WhatsApp saya disangkanya saya bakal cerita kehidupan di Jepang di status. Sini, saya kasih tahu.

Entar ada yang baper, lho. Hahaha.

Enggak, kok. Saya memang nggak nyetatus kehidupan di Jepang karena ini adalah pilihan saya. Saya punya kontak teman yang sering jalan-jalan ke luar negeri dan ada yang tinggal di luar negeri tapi mereka nggak pernah update kehidupan di status WA. Saya tahunya dari japrian kalau mereka lagi di sana-sini. Huh, pamer tapi japri. Hahaha.

Kehidupan mereka jauh di atas saya tapi mereka tetap rendah hati dan tidak sombong. Mereka juga sadar bahwa apa yang sedang dijalani nggak perlu semua orang tahu. Nggak perlu gembar-gembor. Mereka tetap bahagia dengan kehidupannya tanpa nyetatus di media sosial. Saya pun ingin seperti mereka. Semoga bisa mencontoh sikap rendah hati dan nggak kepo sama kehidupan orang.

Kalau kamu, gimana? 

6 comments

  1. Artikelnya mantep kak... Cerita-ceritanya itu inspiratif banget lho... Sukses selalu yaa.. Salam kenal

    ReplyDelete
  2. LINE Jepang asik, suka ada sample gratis, hahaha. Udah dua kali dapet sample kosmetik. Ngga penting banget sih, iseng aja.

    Duh, kalo aku sih kepo sama kehidupan orang hahaha.. buat belajar kehidupan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. O ya to? Udah lama ga pakai Line.

      Hahaha, udah jarang kepo. Woiyo bisa utk belajar ya.

      Delete
  3. Saya belum bisa putus hubungan sama medsos, soalnya saya bersahabat baik dengan mereka hahaha.
    Salah satu cara ya saya kuatkan mental, dan memang lama-lama saya bisa skip hal negatif dan fokus ke maksud utama saya nge sosmed.

    Dan karenanya saya sering nulis juga di medsos, curhat juga sering hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa memanfaatkan medsos dengan baik malah keren, Mba. Apalagi kayak Mba Rey, bisa untuk mendapatkan penghasilan. Kadang saya iri lho Mba sama orang2 seperti Mba Rey, hehe. Tapi saya nggak kuat sama medsos. Jadi saya memilih skip.

      Delete