Anak (Harus) Sepasang

Saat saya hamil anak kedua, banyak banget yang nanya, 

anaknya cewek atau cowok?

Saya jawab, "Kata dokter sih cewek."

Reaksi mereka ketika tahu anak saya bakal cewek lagi hampir sama. Mereka bilang, nggak papa. Kayaknya ucapan mereka kayak membesarkan hati saya.😄

Bukan hanya orang-orang terdekat yang begitu. Dokter yang periksa saya nada bicaranya hampir sama. Kata bu dokter,

"Ini anaknya cewek lagi, lho. Nggak papa, ya."

Lah, apa salahnya kalau anak saya cewek lagi? Asal si bayi sehat dan normal itu sudah cukup bagi saya. Toh, saya bisa hamil lagi itu suatu mukjizat. Bener-bener nggak diduga. Jadi mau apa pun jenis kelaminnya, saya nggak masalah.

Saya tahu kenapa mereka kayak berusaha membesarkan hati saya. Karena di masyarakat ada anggapan kalau bisa punya anak sepasang, cowok dan cewek. Kalau cuma salah satu kayak ada yang kurang.

Yah, namanya juga manusia pasti pengen punya apa yang belum dipunya. Misal sudah punya anak cowok, mereka pengen anak cewek. Begitu pula sebaliknya. Iya, kaaaaan?


Pixabay 

Saya punya eksperimen kecil-kecilan, nanya teman yang belum punya anak sepasang. Jawaban mereka umumnya mengiyakan anggapan yang ada di masyarakat.

Teman yang anaknya udah lengkap, satu cowok dan satu cewek, misalnya. Saya iseng nanya, 

"Mau nambah lagi anak nggak?" 

Rata-rata jawaban mereka enggak. Alasannya karena udah sepasang. Kalau nggak sepasang mungkin mereka akan punya anak lagi.

Hhhmmm, emang sih ada beberapa orang yang begitu. Mereka ngotot pengen punya anak sepasang. Teman saya anaknya cowok 3 saking pengen punya anak cewek, dia hamil lagi. Untungnya anak keempat cewek. Nggak tahu juga kalau dia mau punya anak lagi, merasakan sensasi nothing to lose mau dapat cowok atau cewek, hahaha.

Teman saya yang lain, udah punya 2 anak cewek. Dia dan suaminya pengen banget punya anak cowok. Pasangan ini pernah nanya ke saya biaya insem di RS Bunda Depok berapa. Ya, mereka sampai mau ikut program di RS supaya dapat anak cowok. Wow, ikhtiarnya niat banget.

Ada lagi cerita yang lain. Ada teman yang berusia lebih dari 40 tahun dan punya 2 anak cowok. Saking pengen punya anak cewek, dia rela hamil lagi. Sayangnya, dia sudah 2 kali hamil dan mengalami keguguran. Entahlah saat ini dia masih pengen hamil lagi apa enggak.

Nah, yang ini agak anti mainstream. Teman aerobik saya masih muda, umurnya sekitar 32 tahun. Anaknya 6 dan cowok semua. Gila, hari gini pasangan muda anaknya 6.

Saya iseng nanya, 

"Pengen punya anak cewek nggak?"

Dia sih nggak mau karena capek hamil mulu, hahaha. Tapi suaminya penasaran pengen anak cewek. Alamaaakkk. 

Kalau saya dan pak suami gimana?

Hhhmmm, jujur nih, kalau saya santai. Mau dapat cowok atau cewek nggak masalah. Karena jika mengingat perjuangan dulu saat mendapatkan anak pertama, saya sangat bersyukur bisa hamil. Apalagi sampai hamil dua kali.

Tapi tapi pak suami beda. Dia sih pengen anak cowok. Soalnya kan anak pertama cewek. Wajar lah ya. Ketika tahu anak kedua bakal cewek lagi, dia kekeuh saya pengen hamil lagi. Siapa tahu bisa dapat anak cowok.

Eits, tunggu dulu.

Maaf, yang hamil siapa ya? 

Saya yang tahu gimana rasanya hamil dan melahirkan. Saya yang merasakan begahnya badan saat mau melahirkan. Saya yang merasakan sakitnya melahirkan.

Itu belum seberapa. Masih ada proses menyusui dan merawat anak.

Berapa anaknya yang dirawat? Nggak cuma satu lho.

Belum lagi jika memikirkan biaya pendidikan yang mahalnya minta ampun. 

Masih mau nambah anak lagi? Hahahaha.

Suami tugasnya mah menenangkan istri saat melahirkan. Yah, sambil panik dikit lah, hahaha. Tapi jujur ya, momen melahirkan adalah momen yang sangat indah untuk dikenang. Meski disertai panik, kesakitan, jeritan, dan tangisan tapi begitu melihat bayi udah keluar semua rasa itu hilang. Yang ada cuma syukur dan bahagia. Beneran deh.

Pak suami tahu gimana saya saat hamil kedua. Karena hamil di atas 35 tahun, saya ngos-ngosan euy. Mau olahraga nggak bisa karena ada gangguan dari si sulung. Pokoknya kehamilan pertama dan kedua beda banget lah.

Kalau misal mau nambah anak lagi, usia saya mau 40 atau bisa jadi di atas 40 tahun. Nah, saya bakal jompo banget. Udahlah saya memilih mengibarkan bendera putih. Nyerah. Hahahaha.

Dulu waktu awal nikah, saya punya cita-cita pengen punya 4 anak, hahaha. Tapi begitu tahu rasanya hamil dan melahirkan, udahlah cukup 2 saja. Nggak mau nambah lagi.

Toh, niat punya anak kedua biar si sulung ada temannya karena kami nggak punya saudara di Depok. Bahkan saudara di Jabodetabek cuma dua. Pertama, sepupu saya yang tinggal di Bekasi. Kedua, ponakan pak suami yang baru setahun kerja di Jakarta.

Berhubung impian udah terpenuhi, akhirnya pak suami mau menerima kenyataan kalau anaknya cewek semua. Yang penting mereka sehat, nggak kurang suatu apa pun.

Maka dengan ini saya nyatakan pabriknya ditutup, hahaha. Semoga saya nggak kebobolan. Cukup 2 saja, Ya Alloh. Please. Hamba lelah jika harus hamil-melahirkan-menyusui terus-terusan.

Teman-teman yang udah punya anak gimana pengalamannya? Anaknya udah sepasang apa belum? Hahaha.

23 comments

  1. anakku 2 cowok semua mbak, hehehe, kalo dibilang pengen anak cewek ya pasti pengen, tapi ya sama kayak mbak, mikirnya lebih panjang, soalnya yang diurus tambah banyak, tapi pasrah aja deh, kalo memang dikasih rezeki alhamdulillah, kalo gak ya alhamdulillah, dijalanin aja lah, jangan terlalu dipikirin malah tambah pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dona, kita samaan, mau nambah anak lagi yang dipikir banyak banget.

      Delete
  2. Wah mba, saya sama adik saya juga dua-duanya perempuan 😂 Berbanding terbalik sama si kesayangan yang keduanya anak lanang. Tapi memang dulu ibu saya ingin punya anak sepasang, jadi berharap anak ke dua laki, walau yang ke luar tetap perempuan 😆 Mungkin karena itu adik saya tumbuh agak tomboy dan hobi kegiatan outdoor kayak naik gunung dan sejenisnya 😁

    Well eniweis, apapun itu yang diberi Tuhan, yang terpenting sehat ya, mba 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, ada yang bilang begitu, Mba Eno. Kalau pengen anak cowok tapi yang keluar cewek, biasanya anaknya tomboy. Meski nggak semua seperti itu, ya.

      Aamiin, iya, Mba, yang penting sehat.

      Delete
  3. Mbakkkk apa kabar?semoga sehat selalu yaa....
    Udah di Indo?
    Kadang nggak ngeh juga kalau ada yang bilang, anaknya cewek lagi, gpp ya... itu maksudanya gimana sih ahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Hanaaaa, apa kabar? Kabar saya baik. Saya udah di Indo sejak Februari 2020.

      Ahahaha, yang hamil padahal santai aja ya mba.

      Delete
  4. Memang kadang ada pasangan suami istri yang ingin punya anak cewek sama cowok walau sudah diberikan beberapa anak cewek atau cowok karena belum sepasang merasa belum lengkap seperti tetangga saya walau sudah punya lima anak cewek pengen hamil lagi agar dapat anak cowokq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Herman. Ada juga pasangan yang 'harus' punya anak sepasang. Tapi itu kembali ke masing-masing individu ya. Kalau mereka hepi ya nggak papa. Karena tiap orang punya pilihan yang berbeda.

      Delete
  5. Memang di masyarakat begitu mbak Pipit, kalo belum punya anak sepasang maunya bikin anak terus sampai bisa.

    Ada teman saya yang sudah punya anak empat tapi cowok semua tapi masih pengin punya anak. Alhamdulillah akhirnya yang kelima dapat cewek juga.😄

    Kalo aku sih sama seperti mbak Pipit, mau cewe atau cowo sama semua, yang penting anaknya sehat ya mbak.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, bener Mas. Ada pasangan yang harus punya anak sepasang.

      Kejadian teman Mas Agus kayak teman saya, hehehe. Untung yang pamungkas udah sepasang.

      Iya, anak sehat itu rejeki yang tak terkira ya, Mas.😊

      Delete
  6. Ngomongin jenis kelamin anak ini kudu ngakak sendiri.

    Emang ya namanya manusia ngga pernah puas, selama belum dapat selalu penasaran sampai tujuannya tercapai.

    Anak saya cewe semua mba, waktu hamil kedua si kembar dia udah semangat banget moga ada salah satu atau keduanya cowo. Eh, keluarnya cewe semua. Wkwk

    Sepertinya gen Girl power mendominasi di keluarga kami. Wkwk

    Sebaliknya teman saya yang ingin anak cewe, hamil sampai 3 kali dikasih anak cowo semua.
    Sempet saya becandai, gimana mau tukeran aja 1 sama anak saya kan udah ngga penasaran mau hamil lagi.

    Yang penting mba Pipit dan dek bayinya sehat terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, anaknya Mba Syarifani ada yang kembar ya?

      Hahaha, bercandaan tukeran anak memang sering terjadi di kalangan buibu.

      Aamiin, terima kasih, mba. Doa yang sama untuk Mba Syarifani sekeluarga.🤗

      Delete
  7. Anak ibuku sepasang tapi aku barusan tanya... (gara-gara baca post-mu) apakah dia dulu pengen anak cewek atau cowok. Ternyata ngga ngarep cewek atau cowok. Ngga ngarep malah dapet sepasang, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini, banyak juga yang nggak ngarep malah dapat sepasang. Sebaliknya, yang ngarep banget malah nggak dapat.

      Delete
  8. Piiiiit,
    Dirimu hamil lagiiih? Selamaaaat *peyuk peyuk*
    Iya nih aku inget pernah baca perjuanganmu dulu sampai akhirnya Alhamdulillah berhasil hamil yaaah. Laki-laki atau perempuan yang penting mah sehat aja yaaah

    Aku dari dulu kalo ditanya pengennya 2 aja, tapi gak mentingin cewek atau cowoknya. Pokoknya 2 biar ada temen aja deh, temen berantem akhirnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bi, akhirnya aku udah punya anak 2. Terima kasih, Bi.

      Hahaha, bener biar ada temennya. Iya nih anakku udah mulai berantem, rebutan mainan, hahaha.

      Delete
  9. Nah, iniii. Hahahahaha. Gemesh banget bisa hamil aja tuh udah anugerah ya, Mbaa. Hamil anak cewek lagi kenapa ucapannya simpatik, padahal tinggal ucapin selamat dan ikut bahagia aja 😂

    Ini pola pikir orang jadul banget, sih. Mamaku juga masih suka begitu kalo lihat orang yang anaknya cewek semua. Padahal ya kenapa, hihi. Tapi aku kaget juga ternyata kerabatnya Mba Pipit banyak juga yang berpikir seperti itu, ya. Dan aku mau pingsan rasanya pas baca temennya Mba umur 32 tahun anaknya udah enam, OMG 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mba Jane. Saya tahu banget rasanya karena pernah di masa lama kosongnya. Jadi kalau mengucapkan selamat berbahagia. Lihat orang hamil nggak berani nanya jenis kelaminnya.

      Iya, Mba. Temenku senam anaknya 6 cowok semua. Serius. Waktu itu aku kaget banget. Dia pernah bawa anak 2 pakai seragam. Saya tanya, kelas berapa dan anak ke berapa. Ternyata anak ketiga TK B, anak keempat TK A.

      Delete
  10. 3 mba, cowok smua..,masih ada yang suruh nambah biar dapat cewek, dah tua gini emaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kayak saya, Mba. Saya juga disuruh nambah anak lagi karena belum ada anak cowok, hehehe.

      Delete
  11. Aku punya anak sepasang, tapi sbnrnya ini ga direncanain mba 😄. Lah malah sebelumnya aku ga pengen hamil, cuma karena suami suka anak2 aja, akhirnya ngalah. Tapi Krn Tuhan ngasihnya komplit, ya sudah, cukup, ga usah nambah lagi 😄. Tapi rasanya, di keluargaku, memang rata2 anaknya sepasang. Aku sepasang, adekku juga sepasang , adekku yg 1 lagi, juga sepasang. Jadi rata2 kami semua langsung menutup kemungkinan hamil lagi hahahaha. Beda Ama keluarga suami, yg kebanyakan anak2nya pada cowo :D. Cuma untungnya pak suami punya pikiran, anak mah cukup 2, ga peduli cewe semua, cowo semua, ATO sepasang. Lagian yang dicover Ama kantor walopun 3 anak, tapi 2 aja juga udah cukuplah 😅.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemikirannya sama kayak saya, Mba Fan. Yang penting anak 2 biar ada temennya. Nggak peduli jenis kelaminnya apa.

      Wah, enak tuh perusahaannya bisa cover sampai anak 3. Kalau di pak suami malah nggak dicover sama sekali, Mba. Melas ya. Hehehe.

      Delete