Di Kedai Soba

Sebagai pecinta mie, waktu tinggal di Jepang kurang afdol kalau nggak makan mie.

Di Jepang ada banyak varian mie. Yang paling terkenal tentu ramen dan soba. Dibanding ramen, saya lebih suka makan mie soba. Bagi saya, soba kuahnya ringan dan terasa lebih segar. Makanya saya bolak-balik makan mie soba sampai punya langganan kedai soba.

Kedai soba langganan saya ada di stasiun Sakuragicho, Yokohama. Kedai ini pegawainya nenek-nenek semua. Meski udah senior tapi mereka sehat dan gesit banget. Harga soba di sini murah, variasinya banyak, kuahnya segar, dan enak banget. Saya selalu pesan soba sayuran.

Oia, di Jepang ada 2 jenis soba yaitu soba panas dan dingin. Berhubung di Indonesia makan mie selalu dengan kuah panas, maka saya suka soba panas. Aneh rasanya waktu makan soba dingin. Lidah belum bisa nerima, euy.

Ada beberapa momen yang saya ingat di kedai soba yang bikin ketawa sampai ngrasani orang, hahaha.




#Makan sampai bunyi slurrrppp

Beda negara pasti beda budayanya. Hasil baca di internet kalau orang Jepang makan mie sampai bunyi slurrppp berarti mienya enak dan itu udah biasa di sana. Sedangkan di Indonesia makan sampai bunyi itu dianggap tidak sopan.

Saya tahu infonya tapi pas pertama kali makan soba di sana jadi kaget banget. Ketika ada orang makan soba sampai berbunyi kenceng banget rasanya risih. Saya sampai penasaran ini siapa sih yang makan bunyi kenceng banget.

Saya pura-pura lihat sekeliling dan menemukan om-om yang makan soba dengan cepat dan berbunyi.

Berhubung saya penasaran akhirnya saya mau nyoba makan kayak om tadi. Saya ambil soba lalu makan dengan cepat tanpa memotong mie.

Hossshhh...hosshhh...Aduh, mulut kepanasan. Saya nyerah, nggak bisa. Hahaha. Udahlah, nggak usah niru orang lain. Makan soba dengan pelan tanpa bunyi malah nikmat.

#Nggak pedes

Makanan di Jepang itu nggak pedes sama sekali. Dibandingkan makanan Indonesia jauh banget lah. Ada sih cabe di kedai soba tapi cabenya kayak Bon Cabe. Berhubung saya suka pedes jadi kalau makan soba saya kasih cabe banyak sampai kuahnya merah. Bagi saya itu aja masih belum pedas.

Cuma waktu itu ada pasangan orang Jepang yang duduk di sebelah saya dan lihat kuah yang merah kayaknya saya diomongin deh. Dikira saya bakal kepedesan makan soba.

Dalam hati saya,

"Yaelah Mas kamu pasti belum pernah nyobain sambel atau makan bakso di Indonesia, ya." Hahaha.

#Dilarang pacaran

Lain hari, lagi-lagi sebelah saya sepasang muda-mudi yang lagi kasmaran makan soba. Mereka makan semangkok berdua. Wiw. Kalau saya pacaran gitu mah ogah. Nggak kenyang, euy. Hahaha.

Habis makan soba biasanya orang-orang minum lalu membawa mangkok dan gelas kotor ke tempat piring.

Nah, anak muda ini enggak. Mereka malah ngobrol berdua, pacaran di kedai soba. Kalau di Indonesia hal ini biasa lah ya. Ngobrol lama setelah makan nggak masalah.

Tapi di kedai soba langganan?

Hhhmmm, mereka diusir sama si nenek. Mungkin tempatnya yang sempit dikhawatirkan banyak yang nunggu atau mengganggu orang lain.

Tanpa banyak omong, pasangan muda ini pergi. Saya yang lagi makan cuma bengong. Hahaha.

Aduh, si nenek ini ganggu orang pacaran aja. Etapi pacaran di kedai soba sempit apa enaknya, hahaha.

#Makan berdiri

Ada beberapa kedai soba yang tidak menyediakan tempat duduk. Biasanya tempatnya memang sempit banget. Saya pernah makan di kedai soba seperti ini. Tapi cuma sekali. Kapok balik lagi. Saya kurang suka makan sambil berdiri. Rasanya nggak nikmat.

Kalau mau makan di kedai soba langganan, saya selalu pastikan dulu ada tempat buat duduk. Soalnya pernah lihat orang makan di kedai ini sambil berdiri karena penuh.

Itu saja cerita pengalaman di kedai soba. Hhhmmm, jadi kangen sama soba langganan.

Teman-teman ada yang pernah makan atau suka soba? 

14 comments

  1. Diusir nenek-nenek karena pacaran di kedainya!LOL.

    Kalau disana Indomie banyak yang suka nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya banyak yang suka. Toko halal dan Indonesia agak jarang. Kalaupun ada, harganya mahal, hehe.

      Delete
  2. Pernah coba makan ramen berdiri juga mba, ya ampun tobat, nggak lagi lagi daaah 🤣 Bukan merasa kenyang dan nyaman, yang ada capek dan laper lagi setelahnya hahahahaha.

    By the way, saya pernah makan ramen di Jepang yang biliknya untuk satu orang gitu kan, terus ada pasangan cewek cowok mengobrol gitu, langsung dikasih tatapan nggak enak sama customer lainnya 😆 Alhasil, saya yang melihat kejadian itu cuma diam seribu bahasa, kawatir dikasih tatapan nggak enak ugha padahal bukan saya yang mengobrol, dan saat makan pun pakai rasa deg-degan mbaaaaa, susah deh ketelannya hahahahaha 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener, Mba Eno. Saya juga kalau makan mie cepet lapernya. Udah nunggunya lama, berdirinya bikin capek. Belum lagi kalau disuruh pak suami makan cepet karena kereta keburu datang.😂

      Iya, orang Jepang nggak suka berisik. Kalau ada yang rame biasanya ditatapin.

      Delete
  3. Etapi pacaran di kedai soba sempit apa enaknya.

    Lha, justru yang sempit sempit itu enak buat pacaran mbak.😂

    ReplyDelete
  4. mie dingin aku malah kelingane mie korea mba pit, hihi...biasa liat di restoran kore mie dingin...tapi aku yo ho oh ga biasa mam mie dingin...paping jozz mie pas panas hot mengepul dan benerrrrr toast akupun....mau kuahe sik merah pol sambele maksooor hihi...kelingan nek liat youtuber makan bakso sing sambele huakeh aku pingin hihi sampek bunyi sluuuurpt..tapi ya ga kecap sih...nek kecap jarene simbah ora ilok wkwkkwkw

    mie soba aku jadi kelingan baca komik kobochan, biasane abis itu langsung minum sake hihi...eh tapi aku malah jadi kelingan film almarhumah Brittany Murphy mba....aku nek kelingan film itu langsung berimajinasi tentang mie dan isiannya yang kelihatane syahdu banget hihihi...eh tapi nek film sing iki judule Ramen Girl ding 😜🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makan mie emang paling enak kalau panas ya. Maklum lidah Indonesia. Hehehe. Ojo sampe kecap, saruuuu.😂

      Aduh, Nit. Maaf, aku nggak ngerti Brittany Murphy. Aku nggak mudeng kalau soal film, hehehe.

      Delete
  5. Suka makan soba, cuma ya nggak sering-sering. Namanya juga bukan makanan lokal, pasti harganya ada. Kepingin buat soba sendiri sebetulnya. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal aRian.

      Bisa kok beli sendiri. Sekarang beli bahannya via online juga ada.

      Delete
  6. Kalau soba sama udon suka mana?
    Aku suka makan soba tapi kebalikan dirimu, sukanya yang dingin :p
    Aku males makan soba anget pake kuah. Enak yang dicelup pake tsuyu sama kasih wasabi, itu enak banget ya Allah T___T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka soba. Nah, ini. Aku belum nemu nikmatnya makan soba dingin. Pas makan itu glegeken wasabi rauwis-uwis.😂

      Delete
  7. Mba cold noodle itu kalo di jepang dijual ga pas winter? Soalnya aku kalo ke jepang selalu winter, dan ga pernah ketemu cold noodles

    Tapi pas aku ke Korea Utara 2019 lalu, di situ Krn msh summer cuacanya, jadi ada restoran yg jual cold noodles. Ntah sama dengan yg di Jepang atau ga, tapi jujur walopun ENAAAAK, tapi kayaknya aku ttp LBH suka panas 😂😂.

    Mungkin Krn kita udh biasa makan mie ya hrs panas 😄. Makan yg dingin kok kayak kembung yaa 😂😂.

    Kalo rasa soba di Jepang sama kayak Korut, berarti aku LBH suka ramen sih. Mungkin Krn ramen kan LBH gurih ya kuahnya. Walopun cari yg halal di Jepang susah bener 🤣🤣. Ada sih, tapi kan ga banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Mba Fanny, saya kurang tahu cold noodle ada di winter apa enggak. Soalnya waktu itu kami nyobain makan soba di dekat apartemen, malem2.

      Soba kuahnya lebih ringan dibanding ramen. Kayaknya porsinya lebih banyak ramen. Btw ada beberapa ramen halal di Tokyo. Tapi waktu itu saya belum sempat ke sana.

      Saya pernah ke museum ramen di Shin Yokohama. Belinya ramen yg vegetarian. Ada juga menu non pork.

      Delete