Tuesday, February 17, 2015

Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Musim hujan kalau daya tahan tubuh tidak fit, bisa-bisa badan nggak kuat dan gampang sakit. Padahal aktivitas sehari-hari tetap berjalan seperti biasa sehingga saat musim hujan perlu tenaga ekstra agar tetap bisa menjalankannya dengan baik. Alhamdulillah, saya akhir-akhir ini jarang sakit dan tetap sehat saat musim hujan.

Saya tidak minum suplemen kesehatan apa-apa lho kecuali suplemen untuk kulit. Padahal saya pernah hujan-hujanan sewaktu belanja di pasar pagi (pasar dadakan) dekat rumah. Saat itu lupa membawa payung jadi nekat saja berkeliling. Sampai rumah langsung ganti baju biar nggak masuk angin. Saya hanya menjalani hidup biasa-biasa saja dengan tetap memperhatikan asupan makanan dan berusaha untuk selalu hidup sehat. Namun demikian, badan pernah juga greges-greges, rasanya pada sakit seperti mau masuk angin. Dengan menambah asupan buah, alhamdulillah saya tidak sakit sampai detik ini.  Agar tetap sehat saat musim hujan, saya selalu memperhatikan hal-hal berikut :

1. Konsumsi Buah

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, saat badan mulai meriang biasanya konsumsi buah akan saya tingkatkan. Kalau pagi, biasanya saya sarapan buah. Namun saat kondisi agak kurang fit, selain sarapan buah, saya juga mengonsumsi jus. Biasanya saya membuat jus wortel campur tomat. Nah, saat ini di rumah stok buah masih banyak dan lebih sering membuat jus jambu merah campur stroberi. Kalau teman-teman bosan, konsumsi jus tiap hari bisa diganti variasinya atau mengikuti tren saat ini, mencampur buah dan sayuran untuk jus. Teman-teman bisa juga membawa buah dari rumah untuk dijadikan camilan di kantor. Tiap hari tanpa buah pokoknya. Hidup buah, hihihi.

2. Hindari Makanan Penyebab Tenggorokan Kering

Makanan pedas, gorengan, dan bersantan sebaiknya dikurangi konsumsinya agar tenggorokan tidak kering. Saat musim hujan, selain badan kurang fit biasanya sakitnya menjalar ke anggota tubuh yang lain. Daripada sakit semua, lebih baik menghindari makanan yang bisa menjadi penyebab sakit tersebut.

3. Minum Air Putih dan Kurangi Es

Meski musim hujan, konsumsi air putih tetap diperhatikan sebab air putih dapat meningkatkan metabolisme. Tidak alasan nggak haus karena cuaca nggak panas atau tidak berkeringat, air putih tetap dibutuhkan. Kalau beser sudah biasa malah tandanya sehat karena proses pengolahan air di dalam tubuh berjalan dengan baik dan sisanya akan dibuang melalui urin. Kurangi juga minum esnya, lebih baik ganti dengan minuman yang hangat. 

4. Olah Raga

Usahakan untuk melakukan olah raga secara rutin minimal seminggu sekali. Ingat saja akan manfaat olah raga yang banyak banget. Berkeringat habis olah raga di musim hujan rasanya enak banget.

5. Minum Sari Kurma atau Madu

Sebenarnya akhir-akhir ini saya dan suami tidak serajin dulu konsumsi madunya karena harga madu favorit kami naik. Dulu setiap pagi pasti mengonsumsi madu namun sekarang beralih ke sari kurma. Meski demikian, manfaat sari kurma juga bagus untuk tubuh dan harganya lebih terjangkau. Mungkin nanti kami akan merutinkan kembali konsumsi madunya.

Dengan melakukan hal-hal di atas alhamdulillah badan tetap sehat meski sedang musim hujan. Kalau kehujanan, begitu sampai di rumah sebaiknya langsung mandi dan berganti pakaian yang kering agar tidak masuk angin. Semoga tetap sehat, ya.














36 comments:

  1. Musim hujan perlu amunisi tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi di atas ya Mba :)
    Saya suka banyakin makan buah nih terutama pepaya yang murah meriah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba, saya juga suka nyari buah yang murah meriah karena mudah didapat :)

      Delete
  2. Tips yg kelima paling berasa banget manfaatnya buat saya... Bagus infonya kak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga merasakan manfaat madu dan sari kurma.
      Terimakasih ya :)

      Delete
  3. Madunya beli di aku dong pit...ha ha.
    ..jus pepaya tomat favorit banget di keluargaku

    ReplyDelete
  4. Tfs mak. Bermanfaat sekali. Pepaya buah fav saya. Kalo jus, saya sukajus jambu :-)

    ReplyDelete
  5. Sepakat buat postingan ini dan sangat mencerahkan..

    ReplyDelete
  6. Musim hujan gini emang kudu wajib hukumnya ya mba jaga kesehatan. Aama semua sarannya dengan saran dokter saya. Hehehe.

    ReplyDelete
  7. bener banget ini tipsnya. ini sih bisa dipake di semua musim ya kayaknya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kalo musim hujan sy banyakin makan buahnya Mak.

      Delete
  8. bener banget ini tipsnya. ini sih bisa dipake di semua musim ya kayaknya, hehehe

    ReplyDelete
  9. mbak, jusnya enak banget tuh sepertinya...mau donk..eh kalo madu plus kurma aku mau juga loh..tenang saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sodorin jus jambu+stroberi.
      Sarapan pagiku td jus itu mba plus maem alpukat.

      Delete
  10. Bukan hanya musim penghujan saja, setiap hari harus seperti itu agar sehat dan bugar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kok iya, ya.
      Sy melakukan itu soalnya.
      Makasih koreksinya :)

      Delete
  11. kayaknya olah raga yang paling "susah" secara kalo dingin-dingin enaknya kemulan heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi pagi sy juga gitu, Mak.
      Akhirnya pilih olahraga, jadi seger.
      Ayo Mak Ratna, selimutnya dilipat :)

      Delete
  12. Setuju, Mak! Tips nya emang bener banget! Kemarin aku sempat flu dan hampir tumbang karena kena hujan dan minum es melulu plus lupa minum vit. c hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hujan gini, kurangin esnya, Mba Putri.
      Semoga selalu sehat, ya.

      Delete
  13. Aku agak kurang konsumsi buah nih, Mbaaaak.. Nantik mau belik ah :'

    ReplyDelete
  14. tos lagiii,i love sby hahaha...
    saya juga nyamil buah,dua mingguan nggak hujan,ini baru hujan. kalau madu stok pasti ada,kadang buat minum pagi sama jeruk nipis hangat^^

    ReplyDelete
  15. Saya suka maduuu. Wajib Ada. Justru belum pernah nyoba sari kurma. Bisa buat nambah stamina juga ya.

    ReplyDelete
  16. Daya tahan tubuh yang kuat merupakan kunci utama untuk sehat menghadapi musim hujan seperti ini....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com